Beranda Nusantara KLHK: modal sumber daya alam yang perlu dikalikan

KLHK: modal sumber daya alam yang perlu dikalikan

keberadaannya harus disyukuri

Jakarta (ANTARA) – Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Lakshmi Vijayanti mengatakan sumber daya alam dan lingkungan merupakan modal kemajuan daerah yang perlu dipertahankan dan dibiarkan tumbuh.

“Modal kita bukan hanya sumber daya alam yang sifatnya tradisional, biasanya selalu ditambang,” kata Lakshmi, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dalam diskusi virtual pada forum lingkungan yang dipantau di Jakarta, Senin.

Lakshmi menjelaskan, kemampuan daerah untuk mengejar pembangunan berkelanjutan sangat bergantung pada bagaimana menggunakan modal yang ada di daerahnya masing-masing.

Ditegaskannya, permodalan bukan hanya kegiatan ekstraksi bahan galian, melainkan harus sedemikian rupa sehingga sumber daya alam tidak menyusut dan rusak.

Oleh karena itu, pemanfaatan berbagai modal milik daerah harus dilakukan secara efisien dan meningkatkan daya dukung lingkungan.

Ia mengingatkan, dalam hal pengembangan visi Indonesia Emas 2045, kuncinya adalah bagaimana sumber daya alam dan lingkungan menjadi modal.

“Oleh karena itu, keberadaannya harus dikembangkan agar bisa berkembang. Itu tidak diambil, itu berkurang, jadi itu tumbuh. Jadi ada investasi untuk pertumbuhannya,” jelasnya.

Ada beberapa jenis investasi untuk memelihara dan menambah modal berupa sumber daya alam, seperti investasi perbaikan atau pencegahan kerusakan dan penggandaan produktivitas sumber daya tersebut.

Ia menjelaskan, kemajuan teknologi modern dapat mendukung berbagai kegiatan budidaya dan meningkatkan daya dukung sumber daya alam tersebut.

Artikel sebelumyaBarry Likumahuva mengingat ayahnya melalui proyek "Sayang Pops"
Artikel berikutnyaRatusan warga Aceh Timur dievakuasi diduga akibat gas beracun