Beranda Nusantara KLHK: RI Naikkan Target Penurunan Emisi NDC

KLHK: RI Naikkan Target Penurunan Emisi NDC

Jakarta (ANTARA) – Direktur Jenderal PPI Lakshmi Dwanti mengatakan Indonesia akan meningkatkan target penurunan emisi gas rumah kaca (GRK) dalam dokumen yang diperbarui. Kontribusi yang ditentukan secara nasional (NDC), yang dijadwalkan berlangsung menjelang Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Perubahan Iklim (COP-27) ke-27 di Mesir pada November 2022.

Dalam diskusi karbon biru di Jakarta, Senin, Direktur Jenderal PPI Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Lakshmi menjelaskan, Indonesia kini telah menetapkan target penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29 persen melalui upaya sendiri dan 41 persen dengan upaya internasional. mendukung. .

“Kami memiliki 29 dan 41 persen, dan angka-angka ini akan segera datang. Pemeliharaan Tuhan, kami akan tingkatkan, karena saat ini kami terus menggali potensi. Jadi sampai COP ke-27 di Mesir, Pemeliharaan TuhanIndonesia akan mempresentasikan dokumen NDC yang mengangkat target tersebut,” kata Lakshmi dalam diskusi yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan KKP.

Dia mengatakan sebelumnya target pengurangan 29 persen dan 41 persen diuraikan dalam peta jalan dan strategi implementasi NDC.

Dari lima sektor yang menjadi target penurunan GRK, sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya (kehutanan dan penggunaan lahan lainnya/FoLU) menyumbang pengurangan terbesar. Indonesia sendiri bertujuan untuk penyerapan bersih atau wastafel bersih karbon sektor FoLU pada tahun 2030.

Dalam hal karbon biru, KLHK telah memasukkan mangrove yang merupakan bagian dari ekosistem pesisir untuk tujuan mitigasi untuk sektor FoLU.

Namun, input karbon biru masih terbatas pada mangrove yang berada di atas tanah, meskipun ada juga kemungkinan penyimpanan karbon di bawah tanah di ekosistem pesisir seperti mangrove dan hamparan rumput laut.

“Kalau kita punya angka, kita punya metodologi bagaimana melakukan upaya untuk meningkatkan ambisi mereka dan bagaimana mengukurnya, maka target ini akan meningkat,” ujarnya.

Artikel sebelumyaLampion Ramadhan di Pasar Gede Solo
Artikel berikutnyaBPBD: Jalan nasional di Aceh Tenggara lumpuh karena jembatan putus