Beranda Nusantara KM Jervai mengangkut 100 penumpang dengan kerusakan mesin di Kepulauan Aru

KM Jervai mengangkut 100 penumpang dengan kerusakan mesin di Kepulauan Aru

Ambon (ANTARA) – Kapal Motor Jervai, kapal kayu yang mengangkut 100 penumpang dari Desa Jerol, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, menuju Pelabuhan Dobo, dilaporkan mengalami kerusakan mesin dan terombang-ambing di tengah laut.

“Kapal berangkat dari Desa Jerol pukul 07.00 WIB dan seharusnya tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Dobo sekitar pukul 13.00 WIB,” kata Kepala Basarnas Ambon, Kantor SAR Mustari Ambon, Maluku, Sabtu.

Kondisi itu diketahui setelah seorang penumpang bernama Amos Gandakari sempat melaporkan bahwa kapal yang ditumpanginya mengalami kerusakan mesin akibat cuaca buruk di laut.

Menurut dia, pada pukul 16.05 WIB, kantor Basarnas Ambon mendapat informasi dari Amos Gandakari bahwa kapal yang ditumpanginya mengalami kerusakan mesin dan kini berputar-putar di perairan Tabarfane, Kabupaten Kepulauan Aru.

Estimasi waktu kedatangan KM Jervai di Dobo diperkirakan pukul 13.00 WIB, namun karena cuaca buruk, kapal mengalami kerusakan mesin atau kerusakan mesin.

Pukul 16.25 waktu Moskow dengan menggunakan kapal patroli 3002 Polairud Polda Maluku di Teluk Ambon, tim SAR Siaga SAR dengan unsur SAR dikerahkan ke LKK untuk operasi.

Operasi pencarian dan penyelamatan dipusatkan di 06°4’486″ LS – 133°55′ 748″ BT, kira-kira 26 mil laut dan menuju 222,92° barat daya dari pelabuhan Dobo.

“Saat ini data korban jiwa belum diketahui, dan kondisi cuaca meliputi hujan ringan, angin timur-tenggara dengan kecepatan 15 knot dan tinggi gelombang rata-rata 2,5 meter,” kata Mustari.

Satuan SAR yang terlibat dalam operasi ini antara lain Satuan Pencarian dan Penyelamatan Dobo (Basarnas) bersama lima awak KP 3002 di Teluk Ambon dan tujuh petugas Polsek Maluku Polairud.

Artikel sebelumya41,53 juta orang Indonesia mendapatkan vaksinasi lengkap
Artikel berikutnyaTXT akan menggelar konser pertama mereka di bulan Oktober