Beranda Hukum KY: Partisipasi masyarakat penting untuk meningkatkan integritas hakim

KY: Partisipasi masyarakat penting untuk meningkatkan integritas hakim

Jakarta (ANTARA) – Kepala Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Layanan Informasi Komisi Yudisial (KY), Amzulian Rifai mengatakan partisipasi masyarakat berperan penting dalam meningkatkan integritas hakim dan reformasi sistem peradilan. selalu mengutamakan profesionalisme. …

“Dalam menjalankan amanat dan tanggung jawabnya, KY membutuhkan dukungan semua elemen. Karena KY tidak berdiri sendiri tanpa dukungan masyarakat, maka masyarakat memiliki peran dalam memperkuat integritas para hakim,” kata Amzulyan.

Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers tentang kemajuan KY pada tahun 2021 dalam hubungan antarlembaga dan layanan informasi, yang disiarkan di saluran YouTube Komisi Yudisial dan dipantau dari Jakarta, Senin.

Amzulyan mengatakan pihaknya memperkuat peran masyarakat agar lebih efektif dan efisien bersama-sama melaksanakan sistem peradilan yang bersih. Ia melanjutkan, peran serta masyarakat sangat penting dalam upaya reformasi peradilan agar lembaga peradilan selalu mengedepankan profesionalisme dan integritasnya.

“KY menyelenggarakan acara pendidikan publik tatap muka dan on line meningkatkan kesadaran masyarakat akan peran penting ini dalam meningkatkan integritas hakim. KY bekerja sama dengan perguruan tinggi, masyarakat sipil dan media untuk mendukung pemenuhan tanggung jawab dan fungsinya,” kata Amzulyan.

Selain itu, KY juga aktif mengkomunikasikan pentingnya partisipasi publik ini melalui media sosial. KY juga menggunakan media sosial untuk menghasilkan umpan balik publik tentang layanan dan komunikasi yang tersedia di KY.

“Media sosial diperlukan untuk menyuarakan peradilan yang bersih karena banyak anak muda potensial yang dapat membantu KY memenuhi amanat dan tanggung jawabnya,” katanya.

Selain itu, Komisi Yudisial memiliki juru bicara dan kelompok hubungan masyarakat yang menangani masalah peradilan, pelaksanaan wewenang dan tugas Komisi Yudisial, dan informasi lain yang bersifat hukum publik. Salah satu prestasi KY tahun 2021 adalah mampu meningkatkan prestasi dalam penghargaan Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021 untuk kategori Instansi Pemerintah dan Instansi Pemerintah Non Pemerintah dengan predikat Informatif. KY memperoleh skor informatif sebesar 95,41.

Prestasi lain di bidang yang diajarkan oleh Amzulian adalah sertifikat International Organization for Standardization (ISO) 27001:2013 untuk sistem manajemen keamanan informasi (SMKI) di bidang Pusat data, layanan dukungan, Manajemen Aplikasi dan Infrastruktur dalam Layanan Data dan Informasi KY.

“Predikat informatif ini merupakan pertama kalinya KY menerima penghargaan ini sejak penghargaan ini diberikan oleh Komisi Informasi Pusat sejak tahun 2014. Prestasi lainnya adalah dipertahankannya standar ISO 27001:2013 untuk sistem manajemen keamanan informasi. Untuk penghargaan ini, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang bekerja keras untuk pencapaian ini. Jadikan capaian ini sebagai indikator terbaik,” kata Amzulian.

KY akan terus meningkatkan keterlibatan dengan para pemangku kepentingan seperti Mahkamah Agung (MA), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), pemerintah, masyarakat sipil dan akademisi, media dan publik.

Artikel sebelumyaResmikan Pemanfaatan BTS, Menteri Johnny: Jadikan Pengungkit Pertumbuhan di NTT
Artikel berikutnyaAnggota DPR mengusulkan penambahan jumlah pemantau di setiap TPS