Beranda Nusantara Lima desa di Aceh Jaya terisolasi akibat banjir Akibat

Lima desa di Aceh Jaya terisolasi akibat banjir Akibat

Banda Aceh (ANTARA). Hujan deras yang melanda Aceh Jaya sejak Kamis telah membanjiri sejumlah desa di Kecamatan Jaya dan Indra Jaya, dan lima di antaranya terisolir.

“Banjir mulai pukul 09.00 WIB dini hari dan kini menggenangi rumah warga, seperti yang terjadi di Gampong Sapek,” kata Jaya Rusdi, Inspektur Kesejahteraan Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Jumat.

Ia menjelaskan, banjir akibat hujan deras membuat lima desa terpencil tak bisa dilewati. Ada lima desa masing-masing yaitu Lamdurian, Babakh Krueng, Kot Dulang, Putu dan Alu Rayuk,” kata Rusdi.

Menurutnya, di rumah warga, ketinggian air di kawasan ini berkisar antara 30 hingga 50 cm.

Kemudian, untuk desa yang saat ini terendam banjir berada di wilayah Jaya yaitu Desa Sapek, Panthe Chermen, Babakh, yaitu Desa Sapek, Panthe Chermen, Babakh. Lantui, Gle Puto, dan Indra Jaya Gumping Meudang Gon dan Kareung Ateuh.

Rusdi juga mengatakan, jembatan yang ambruk kemarin belum ditangani pihak terkait.

“Hujan masih deras di sini,” kata Rusdi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Aceh Jaya Fajri mengatakan, banjir yang melanda kawasan itu pada Kamis telah surut dan tidak ada lagi rumah yang tersisa di kawasan banjir.

“Rumah-rumah warga kebanjiran sekali pada Selasa dan Kamis dan surut, tetapi hari ini mulai hujan lagi,” katanya.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemantauan berulang di sejumlah kabupaten di Aceh Jaya, karena hujan tidak kunjung reda.

Artikel sebelumyaKapolri Minta Forkompimda Jateng Pantau Indeks Mobilitas
Artikel berikutnyaGempa tektonik magnitudo 5,9 guncang Bolaanguki, Sulawesi Utara