Beranda Warganet Majapahit Festival 2021 akan digelar di Mojokerto, Jawa Timur untuk mempromosikan pariwisata.

Majapahit Festival 2021 akan digelar di Mojokerto, Jawa Timur untuk mempromosikan pariwisata.

Festival Majapahit 2021 muncul untuk menggantikan acara yang direncanakan disebut Pekan Budaya Majapahit 2021, yang semula diadakan secara langsung di Taman Benteng Pankasila (Benpas) Juli lalu.

Kota Mojokerto, Jawa Timur (ANTARA) – Pemerintah Kota Mojokerto, Jawa Timur mendorong sektor pariwisata melalui Majapahit Festival 2021 yang digagas Walikota Ika Pushpitasari bekerja sama secara virtual dengan Bank Indonesia, yang dijadwalkan Rabu (25 Agustus) mendatang. . ) 2021

Walikota Mojokerto Ica Pushpitasari, dalam keterangan tertulisnya di Mojokerto, Senin mengatakan, Festival Majapahit 2021 tampaknya telah menggantikan acara yang direncanakan bernama Pekan Budaya Majapahit 2021, yang semula direncanakan akan diadakan secara langsung di taman Benteng Pancasila (Benpas) lalu. Juli.

“Namun, situasi pandemi COVID-19 saat itu muncul dalam gelombang kedua dengan tingkat terpaan COVID-19 yang sangat tajam, sehingga tidak memungkinkan untuk mengadakan pekan budaya secara langsung,” katanya.

Ia mengatakan, awalnya pemerintah kota Mojokerto bekerjasama dengan Bank Indonesia menggelar Pekan Budaya Majapahit tahun 2021 untuk melaksanakan program prioritas kepala daerah di bidang pariwisata.

“Acara rencananya akan digelar di satu tempat, yakni di Taman Benpas. Namun karena adanya pandemi COVID-19, acara tersebut akan digelar secara virtual,” ujarnya.

Ning Ita, demikian ia sering disapa, mengatakan pengembangan budaya dan pariwisata harus tetap berjalan meski di tengah pandemi COVID-19.

“Kami masih penuh semangat, kami tidak pernah menyerah untuk langkah-langkah menyelenggarakan acara budaya. Padahal festival Majapahit 2021 didekorasi secara virtual, esensinya hampir sama,” kata Ika Pushpitasari, berharap festival Majapahit 2021 dapat mendukung sektor pariwisata.

Sementara itu, Ketua Dewan Kebudayaan Daerah (DKD) Mojokerto Gaguk Tri Parsetyo mengatakan, beberapa acara divisualisasikan selama festival Majapahit 2021, seperti tarian Majapahit, pameran batik Majapahit, pertunjukan Wayang, foto-foto bangunan bersejarah, dll. membatik dan kegiatan lainnya.

“Halaman yang disediakan panitia penyelenggara dapat menjadi tempat penyelenggaraan festival, dapat diakses oleh publik tanpa hambatan geografis, sehingga dari segi cakupan festival ini lebih luas,” ujarnya.

Festival yang beradaptasi dengan pandemi COVID-19 ini akan dimulai pukul 13.00 WIB, ditandai dengan sambutan oleh budayawan Sujivo Tejo yang menjadi inspirasi di balik Majapahit.

Gubernur Jawa Timur Hofifah Indar Paravansa juga akan memberikan sambutan sekaligus membuka Festival Majapahit 2021 yang dapat disaksikan langsung melalui situs resmi Majapahit Festival yang beralamat di www.festivalmajapahit.com, ujarnya.

Laman Festival Majapahit dengan tema “Meniru Keberhasilan Majapahit dalam Membangun Ekonomi Jawa Timur” yang dimoderatori oleh jurnalis Andy F. Noya, menampilkan empat konsultan, antara lain Profesor Dr. Agus Aris Munandar, Dosen Arkeologi UI, Adrian Perkas, M. Hm, Massachusetts… , dosen Departemen Sejarah Universitas Airlangga dan mahasiswa doktoral Universiteit Leiden, Belanda, Diana Putri, perancang busana dan Eco Supriyanto, koreografer, pengajar di ISI Surakarta.

Masyarakat dapat berpartisipasi dalam acara yang juga digelar secara virtual melalui acara gathering dan live streaming Youtube Bank Indonesia Jawa Timur ini.

Artikel sebelumyaDi Bawah 100, Kasus Harian COVID-19 Di Kulon Progo-DIY Mulai Menurun
Artikel berikutnyaKilas Nusantara di antara pagi