Beranda News Mendagri: Tunjukkan Solidaritas Melawan Pandemi COVID-19

Mendagri: Tunjukkan Solidaritas Melawan Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 merupakan krisis multidimensi dan meluas dalam sejarah sejak Indonesia merdeka.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri Tito Carnavian mengimbau seluruh organisasi masyarakat sipil (ormas) untuk bersama-sama memantau pandemi COVID-19 dan dampaknya di berbagai sektor, mulai dari kesehatan hingga ekonomi.

“Di tengah tantangan global, semua negara termasuk negara ini kembali kita tutup, perkuat persatuan dan solidaritas untuk menekan dan mengendalikan pandemi COVID-19,” kata Mendagri saat membuka virtual Ormas Expo Event 2021. , Senin.

Ia mengatakan, pandemi COVID-19 merupakan krisis multidimensi dan terbesar dalam sejarah sejak Indonesia merdeka.

Krisis kesehatan, kata Tito, juga berdampak pada sektor lain yang perlu ditangani bersama.

Sejarah menunjukkan bahwa bangsa Indonesia mampu mempertahankan kemerdekaannya hingga 76 tahun dan mengatasi berbagai rintangan.

“Kita perlu bergandengan tangan untuk membangun kekuatan dan kohesi, bangsa kita berdiri untuk persatuan, kita masih bisa melakukannya. bertahan hidup dan mencapai 76 tahun berkat persatuan kita, pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat, seluruh elemen bangsa,” kata Tito.

Penyelenggaraan Ormas Expo 2021 dalam mode virtual dengan tema “Peranan Ormas dalam Membangun Kembali Perekonomian Nasional dan Memerangi Pandemi COVID-19”.

Acara tersebut, menurut Bakhtiyar, Direktur Jenderal Departemen Politik dan Administrasi Umum (Polpum) Kementerian Dalam Negeri, pada awalnya diadakan sebagai ajang pertemuan organisasi akar rumput untuk menciptakan inovasi dalam pengelolaan organisasi.

Bakhtiyar melihat perlunya ormas untuk memperkenalkan inovasi-inovasi, misalnya dalam pengelolaan organisasi, menggunakan teknologi informasi. Apalagi di tengah pandemi, yang membutuhkan sikap adaptif agar bisa terus bertahan.

“Semoga hal kecil yang kami lakukan ini dapat menginspirasi teman-teman semua untuk menjadikan organisasi akar rumput sebagai mitra strategis dengan membangun komunitas di mana pun mereka berada,” kata Bakhtiyar dalam konferensi pers Ormas Expo di konferensi pers. hibrida di gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin.

Total ada 22 ormas mengikuti pameran Ormas Expo 2021 yang berlangsung pada 23-39 Agustus 2021 yang dapat diikuti secara online di laman ormas-expo.id.

Artikel sebelumyaRatusan pelamar CPNS di OKU, Sumsel telah mengajukan sanggahan.
Artikel berikutnyaIstri Chadwick Boseman menyanyikan lagu di penggalangan dana kanker