Beranda Warganet Mendes PDTT memuji programnya "Satu miliar satu desa" Bupati Bogor

Mendes PDTT memuji programnya "Satu miliar satu desa" Bupati Bogor

Bogor (ANTARA) – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Pemukiman Kembali (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memuji program unggulan Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasina, Miliar Desa (Samisade).

“Dua kata untuk ketua paduan suara Bogor, Bu Ade Yasin, yaitu: cerdas dan tepat. Berpikir cerdas selangkah demi selangkah, karena infrastruktur di desa memang menjadi masalah yang dihadapi hampir semua desa di Indonesia,” ujar Abdul Halim dari Indonesia. Acara yang disiarkan oleh media Indonesia di Jakarta, Kamis.

Ia berharap program bantuan keuangan desa dapat menyelesaikan permasalahan infrastruktur, mulai dari skala terkecil yaitu di tingkat desa.

“Untuk Samisade, saya percaya banyak yang harus dilakukan dalam satu periode kepemimpinan, dan ini pasti akan membuat masyarakat Kabupaten Bogor bahagia,” katanya.

Abdul Halim berterima kasih kepada Ade Yassin atas langkah yang tepat. Dia meminta daerah lain mencontoh Kabupaten Bogor yang melakukan perbaikan infrastruktur di tingkat desa.

“Ini akan saya tunjukkan ke desa lain, desa lain akan melihat dan mensimulasikan keberhasilan dan memodifikasinya sesuai dengan kebutuhan mereka. Saya mohon dengan sangat agar Bupati Bogor bisa menyesuaikan bila banyak desa atau kabupaten lain yang datang ke Bogor untuk meniru konsep ini,” ujarnya Abdul Halim.

Sementara itu, di tempat yang sama, Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa Samisade merupakan dukungan dalam menyelesaikan permasalahan infrastruktur desa.

“Samisad ini harus dilakukan dengan perencanaan desa. Artinya harus ada musyawarah desa dulu,” kata Ade Yasin.

Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Bogor mengalokasikan dana sebesar Rp 318,5 miliar dari APBD Kabupaten Bogor untuk program Samisade bagi 356 desa guna mendorong pembangunan infrastruktur pedesaan.

“Jadi desa itu dibangun sekaligus, jadi Indeks Pembangunan Desa kita nanti tinggi. Saya berharap indeks kepuasan masyarakat naik, ekonomi kuat, karena dampak Samisade ini sangat besar,” ujarnya.

Kemudian, pada tahun 2022, Pemkab Bogor kembali menganggarkan program Samisade yang lebih besar sebesar Rp 392 miliar. Angka ini mendominasi program pemulihan ekonomi secara keseluruhan dengan anggaran sebesar Rs 520 miliar*.

Artikel sebelumyaBio Farma: Harga Vaksin Booster COVID-19 Menunggu Keputusan Pemerintah
Artikel berikutnyaWiku mengingatkan WSBK Mandalika untuk mengikuti aturan dengan ketat