Beranda Warganet Menkes berharap Indonesia dapat memenuhi target penurunan stunting pada 2024.

Menkes berharap Indonesia dapat memenuhi target penurunan stunting pada 2024.

Jakarta (ANTARA) – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin optimistis Indonesia dapat memenuhi target penurunan stunting pada 2024 dengan merampingkan intervensi berbasis bukti.

“Percepatan penurunan stunting di Indonesia telah dan akan terus berlanjut hingga stunting tidak lagi menjadi masalah kesehatan masyarakat di tanah air,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam pidato virtual pada Rapat Koordinasi Nasional yang dipantau oleh Kantor Wakil Presiden YouTube dari Jakarta, Senin.

Budi mengatakan Kementerian Kesehatan optimistis target penurunan stunting hingga 14 persen pada 2024 dapat tercapai dengan mengoptimalkan cakupan intervensi berbasis bukti.

Di bidang kesehatan, kata Budi, percepatan penurunan stunting telah dicapai melalui intervensi khusus yang ditujukan pada kelompok sasaran, antara lain remaja, calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, dan balita.

“Melalui pelaksanaan program yang ditujukan untuk penguatan pelayanan kesehatan dan gizi ini dilaksanakan secara terstruktur dan berlapis di semua tingkat pelayanan mulai dari Poseandu hingga rumah sakit dan diperkuat dengan dukungan pemangku kepentingan terkait,” ujarnya.

Budi mengatakan upaya penguatan intervensi spesifik telah dilakukan dengan memprioritaskan strategi peningkatan cakupan hingga 90 persen melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), peningkatan kualitas program, penguatan pendidikan kesehatan dan gizi, serta penguatan manajemen intervensi. terorganisir. dalam sistem terpadu pemantauan konstan.

Kondisi pandemi COVID-19 saat ini juga memperparah masalah di berbagai setting, kata Budi, namun berbagai upaya strategis untuk meminimalisir dampak tetap dilakukan melalui penerapan protokol kesehatan.

“Sebagai pemangku kepentingan, mari kita maksimalkan kontribusi kita untuk lebih memperkuat intervensi spesifik dan sensitif secara terkoordinasi dengan optimisme dan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang maksimal,” katanya.

Budi meyakini upaya tersebut akan berdampak signifikan terhadap penurunan stunting di Indonesia, sebagai bukti keseriusannya dalam menyelamatkan satu generasi bangsa.

Acara Rakornas yang bertajuk “Upaya Bersama Kurangi Stunting Pertumbuhan” ini dihadiri sekitar 2.600 peserta dari kementerian dan departemen, gubernur dari 34 provinsi di Indonesia, ketua 12 organisasi pimpinan daerah (OPD) terkait dari masing-masing provinsi, bupati/ walikota, mitra pemerintah pusat dan daerah.

Artikel sebelumyaGunung Merapi memuntahkan lava pijar sejauh 2 km
Artikel berikutnyaPresiden: Meski BOR di rumah sakit sudah turun, COVID-19 tetap menjadi ancaman nyata