Beranda Warganet Menkes minta lebih diperhatikan keselamatan kerja

Menkes minta lebih diperhatikan keselamatan kerja

Jakarta (ANTARA) – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin meminta perhatian lebih terhadap keselamatan pekerja di tempat kerja, khususnya dalam aspek kesehatan, guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Pandemi COVID-19 mengingatkan kita akan pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja dalam melindungi pekerja dari potensi bahaya kesehatan kerja dan gangguan kesehatan lainnya, termasuk penyakit menular atau penyakit yang sedang mewabah saat ini,” kata Budi dalam webinar Future Trends kepada World of Pekerjaan dan K3 setelah pandemi”, yang diikuti di akun Youtube ILO di Jakarta, Rabu.

Budi menjelaskan, tempat kerja merupakan salah satu lokus dengan potensi penularan COVID-19 yang cukup tinggi. Kegiatan sosial, mulai dari kegiatan bersama keluarga, lingkungan sekitar hingga mudik ke tempat kerja, dapat berdampak pada jumlah kasus positif di suatu negara.

Untuk mencegah terjadinya kasus baru, Budi mengatakan ada lima hal yang perlu dilakukan agar tempat kerja tetap sehat. Salah satunya adalah pengecekan dengan mengaktifkan barcode di aplikasi PeduliLindung, dilanjutkan dengan pengecekan suhu.

Kedua, kantor atau lingkungan kerja harus membentuk dan mengaktifkan Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 untuk dapat melakukan pengawasan perilaku, serta menindaklanjuti kasus suspek atau terkonfirmasi jika ditemukan di tempat kerja.

“Akhir dari pandemi belum diharapkan. Kemudian kita akan mempersiapkan diri untuk hidup berdampingan dengan COVID-19,” kata Budi.

Ia juga menyarankan agar seluruh komponen lingkungan kerja meningkatkan kesadaran rekan kerja agar tetap disiplin terhadap aturan kesehatan seperti menggunakan masker dengan benar, mencuci tangan setiap kali beraktivitas, dan menjaga jarak. .

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah para pekerja perlu saling mendukung saat melakukan vaksinasi COVID-19, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus dan melindungi orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, perlu juga meningkatkan kesadaran karyawan untuk lebih mengenali jenis gejala COVID-19 dan meningkatkan kesadaran diri.

Melalui upaya tersebut, kata dia, para pekerja dapat melakukan bagiannya untuk mengurangi penularan COVID-19 di tempat kerja, serta membantu mengatasi pandemi di masyarakat sehingga kesehatan pekerja dapat meningkat dan sektor ekonomi dapat pulih.

“Melalui upaya-upaya tersebut, diharapkan ke depan juga dapat menjaga kelangsungan usaha, pemulihan dan pertumbuhan ekonomi, serta produktivitas nasional yang lebih tinggi dengan memperkuat dan memperluas penerapan langkah-langkah keselamatan dan kesehatan kerja,” ujarnya *.

Artikel sebelumyaGibran: Pahlawan hari ini memainkan peran penting dalam perang melawan pandemi COVID-19
Artikel berikutnyaPerintis Batalyon B Lakukan Vaksinasi Massal Dalam Rangka HUT Brimob