Beranda Hukum MK tolak uji materi UU KY yang diajukan mantan calon hakim agung...

MK tolak uji materi UU KY yang diajukan mantan calon hakim agung ad hoc

Jakarta (ANTARA) – Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) menolak semua gugatan uji materi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011 tentang Komisi Yudisial (KY) yang diajukan dosen dan mantan calon hakim agung pada Kejahatan Korupsi. bernama Dr. Burkhanudin.

“Tolak permohonan pemohon sepenuhnya,” kata Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman saat membacakan putusan yang dijatuhkan secara praktis oleh MK Jakarta, Rabu.

Menurut pendapat yang dibacakan langsung oleh Ketua MK Anvar Usman, ada beberapa poin, di antaranya MK menyatakan bahwa permohonan utama pemohon tidak memiliki dasar hukum.

Esensi permohonan Pemohon yang mempermasalahkan huruf a Pasal 13 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011 tentang KY pada intinya adalah frasa “dan hakim ad hoc” dalam huruf a Pasal 13 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011 bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak sah.

Sehubungan dengan itu, majelis hakim Saldi Isra menyatakan bahwa diperlukan perisai untuk melindungi independensi dan imparsialitas hakim dalam rangka mewujudkan independensi peradilan.

Dalam konteks ini, pemilihan hakim ad hoc di hadapan Mahkamah Agung (MA) oleh Komisi Yudisial harus dilakukan secara profesional dan objektif.

Tidak hanya itu, lanjut Saldi Isra, sementara pengadilan menilai proses seleksi yang menjadi amanat Komisi Yudisial dalam pemilihan hakim ad hoc di Mahkamah Agung tetap diperlukan selama ada permintaan dari Mahkamah Agung. Pengadilan. Pengadilan.

Sementara itu, Juru Bicara KY Miko Susanto Ginting mengatakan, KY mengapresiasi putusan MK yang memperkuat konstitusionalitas kewenangan lembaga tersebut dalam pemilihan hakim ad hoc ke Mahkamah Agung.

Selama persidangan, lanjutnya, KY berusaha mengerahkan seluruh sumber daya yang ada. Sesuai dengan amanat tersebut, ke depan KY akan berupaya untuk melakukan seleksi calon hakim ad hoc di Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya.

Artikel sebelumyaPKC Memperpanjang Jangka Waktu Penjara untuk Kuasanya Zumi Zola
Artikel berikutnyaBMKG: Ada 82.396 sambaran petir di Sumba-NTT selama Oktober.