Beranda News MPR: perlu "panutan" menyadari nilai-nilai Pankasil

MPR: perlu "panutan" menyadari nilai-nilai Pankasil

Agar pancashila dapat hidup dalam masyarakat atau diamalkan, perlu dipahami nilai-nilai yang ada. Konon nasihat untuk memahami dasar-dasar suatu negara dapat diperoleh melalui pendidikan dan keteladanan.

Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Indonesia (MPR) Jazilul Fawid menilai perlu adanya “role model” yang bisa dijadikan panutan dalam mewujudkan nilai-nilai Panchashil.

“Agar pancashila bisa hidup bermasyarakat atau mengamalkan, perlu dipahami nilai-nilai yang ada. Diyakini bahwa cara memahami dasar suatu negara adalah pendidikan dan keteladanan,” kata Jazilul dalam diskusi bertajuk Penguatan Panchashila. di tengah kehidupan masyarakat” di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dijelaskannya, untuk mensosialisasikan Panchashila tidak cukup hanya dengan melakukan MPR dan Badan Pembinaan Ideologi Panchasila (BPIP).

Agar Panchasila menjadi way of life dalam kehidupan sehari-hari, katanya, harus ada orang yang bisa menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Panchasila.

“Inilah mengapa anak-anak milenial saat ini membutuhkan sosok seperti itu. MPR dan BPIP memiliki tanggung jawab untuk memperkuat Panchasila agar bisa hidup bermasyarakat,” ujarnya.

Ditegaskannya, perlu adanya “role model” untuk dijadikan role model dalam mewujudkan nilai-nilai Panchasil.

Untuk itu, Gus Jazil menginginkan Panchasila menjadi spirit dalam segala aspek kehidupan bagi setiap orang, agar Panchasila dapat membumi, karena jika perwujudan Panchasila tidak terjadi, masyarakat, generasi muda akan semakin jauh.

“Perintah-perintah dalam Panchasila merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Semua konsep Panchasila dapat dimasukkan ke dalam sendi-sendi kehidupan, ”katanya.

Artikel sebelumyaPengacara khawatir Yahya Valoni akan menolak proses praperadilan karena tekanan
Artikel berikutnyaSoal anggaran pemilu 2024, ini jawaban DPR.