Beranda Warganet Musyawarah Nasional NU Meliputi Masalah Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan

Musyawarah Nasional NU Meliputi Masalah Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan

Masalah kemiskinan dan pengangguran yang meningkat akibat pandemi diharapkan dapat teratasi.

Jakarta (ANTARA) – Nahdlatul Ulama akan segera menjadi tuan rumah Munas dan Muktamar Alim Ulama pada 25-26 September 2021 yang akan mengangkat isu-isu internal seperti kesehatan, politik, hukum dan keamanan (polhuqam), pendidikan dan kesejahteraan manusia (Qesrah). ) …

“Kebanyakan terkait dengan isu-isu negara dan nasional saat ini. Dimulai dengan urusan publik seperti daya tarik digital (Waki), masalah tematik (Maudzuya)juga masalah hukum (Malam) yang terakhir,” kata Ahmad Ishomuddin, Ketua Panitia Pengarah Musyawarah Nasional NU-Konbes, dalam konferensi pers yang berlangsung daring di Jakarta, Kamis.

Ishom mengatakan, Musyawarah Nasional dan OU Conbes digelar di Jakarta. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Musyawarah Nasional Conbesa hanya mengundang 250 pengurus dan warga Nahdliyin, termasuk Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang merupakan Mustayar NU.

Menurut dia, forum terbesar kedua di Muktamar NU itu akan memberikan berbagai rekomendasi kepada pemerintah untuk menyelesaikan masalah di segala bidang.

Di bidang kesehatan, forum akan membahas isu-isu dari tingkat atas, menengah dan bawah, mulai dari sosialisasi dan pelatihan protokol kesehatan, proses vaksinasi massal, dan diakhiri dengan pentingnya reformasi sistem kesehatan nasional.

Di daerah, polhuks juga akan fokus pada kepemimpinan dan kebijakan pemerintah selama pandemi COVID-19. Selain itu, dampak kesejahteraan dari pandemi COVID-19 yang melanda masyarakat kelas menengah ke bawah juga akan disorot.

“Diharapkan kemiskinan dan pengangguran yang meningkat akibat pandemi dapat ditanggulangi dengan mengerahkan seluruh sumber daya publik, baik melalui politik maupun anggaran dan gerakan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Musyawarah Nasional-Konbes Yuri Ardiantoro menjelaskan, Musyawarah Nasional Alima Ulama biasanya diadakan untuk membahas masalah-masalah keagamaan yang menyangkut kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tiga poin yang dibahas dalam Musyawarah Nasional yaitu, pembahasan isu-isu keagamaan topikal, isu-isu keagamaan tematik, isu-isu agama yang berkaitan dengan undang-undang.

Sementara itu, Conbes NU membahas isu-isu yang berkaitan dengan internal organisasi organisasi, seperti pelaksanaan keputusan Muktamar, pengembangan program yang telah dilaksanakan, adopsi keputusan Tata Tertib dan penerbitan rekomendasi kebijakan untuk lima tahun ke depan.

“Ada tiga komisi pembahasan dalam NU Conbes ini, yakni komisi program, komisi penyelenggara, dan komisi rekomendasi,” ujarnya.

Seiring perkembangan COVID-19 yang mulai melambat, kata dia, acara tersebut digelar secara offline dengan tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat di Hotel Sahid Jakarta.

Artikel sebelumyaKemendikbudristek adakan pelatihan pemasangan perangkat nirkabel
Artikel berikutnyaPanglima TNI Puji Keberhasilan Riau Tangkal COVID-19