Beranda Hukum Narapidana Kasong Kalimantan Tengah Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan

Narapidana Kasong Kalimantan Tengah Dipindahkan ke Lapas Nusakambangan

Pemindahan narapidana didasarkan pada hasil penilaian.

Sampit (ANTARA) – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memindahkan napi ‘keamanan tinggi’ dari Lapas Klas IIA Kasong ke Lapas Khusus IIA di Kota Karanganyar Nusakambangan.

“Pemindahan narapidana berdasarkan hasil pemeriksaan LP Klas I Palangka Raya yang dilakukan pada 28 Oktober 2021 dan dialihkan pada Selasa (2/11),” kata Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM. Provinsi Kalimantan Tengah, Ilham Jaya, di Palangka Raya, Kamis.

Narapidana “keamanan tinggi” adalah narapidana yang termasuk dalam kategori berisiko tinggi, yaitu dalam kasus terorisme dan narkoba, oleh karena itu harus diawasi secara ketat sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Ilham menjelaskan, penilaian tersebut menyatakan bahwa pelatihan untuk “keamanan maksimal” dilakukan di Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan agar narapidana dapat dilatih lebih tepat sasaran sehingga bisa menjadi warga negara yang baik setelah menjalani masa pidananya.

Seorang narapidana dikawal ketat saat hendak naik pesawat saat dipindahkan ke Lapas Khusus Kelas IIA Karanganyar Nusakambangan, Selasa (2/11/2021). ANTARA / KHO-Kemenkumkham Kalteng

Hasil pemantauan Kanwil Kemenkum HAM Kalteng dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kalteng terhadap pergerakan terpidana pengedar narkoba di wilayah Kalteng, yang telah berkekuatan hukum tetap.

Pemindahan narapidana berisiko tinggi juga diperlukan untuk mengurangi kelebihan ruang di Lapas Anti Narkoba Kelas IIA Kasongan. Beberapa narapidana dipindahkan ke beberapa tempat, menurut penilaian konselor sosial (PC) LP Klas I Palangka Raya.

Ilham yang menjabat sebagai Kepala Lapas IIA Besi Nusakambangan 2005-2007 menambahkan, para napi diterbangkan Batik Air didampingi Polda Kalteng dan Badan Narkotika Nasional Kalteng.

Artikel sebelumyaKapolri Minta Vorkopimda Sumbar Percepat Vaksinasi Lansia
Artikel berikutnyaAlec Baldwin memposting komentar kru di tengah klaim kekacauan lokasi syuting