Beranda Nusantara Pakar IPB: Kolaborasi Kunci Eksplorasi Terumbu Karang

Pakar IPB: Kolaborasi Kunci Eksplorasi Terumbu Karang

Pemantauan tidak hanya perlu dilakukan terhadap genetik ikan karang, tetapi juga biota lautnya.

Jakarta (ANTARA) – Pakar terumbu karang dari IPB University Novice Subhan mengatakan kolaborasi merupakan kunci penting dalam mengeksplorasi biota laut, terutama peran terumbu karang dalam kehidupan dan dampaknya terhadap ekosistem laut di Indonesia.

“Yang perlu dipantau bukan hanya genetik ikan karang, tapi juga biota lautnya. Indonesia terlalu besar untuk dikuasai oleh sekelompok orang. Peneliti harus mendukung semua pihak,” kata Pemula dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta. , Rabu.

Guru Besar Ilmu dan Teknologi Kelautan (ITK) IPB University ini menjelaskan bahwa terumbu karang sangat penting bagi kelangsungan kehidupan di laut.

Mereka berinteraksi dengan hewan lain dan bergantung satu sama lain untuk mata pencaharian mereka. Ia mencontohkan ikan karang yang membangun terumbu karang sebagai rumah.

Ikan menggunakan terumbu karang sebagai tempat pemijahan, dan terumbu karang juga dianggap sebagai tempat berkembang biak.

“Selain itu, kondisi dan karakteristik terumbu karang di pelosok Indonesia berbeda. Di Indonesia bagian selatan, terumbu karang rentan terhadap kerutan yang parah karena adanya celah antar terumbu karang yang berbeda,” ujarnya.

Untuk itu, Beginer bersama peneliti lain di IPB University mendukung: “Jaringan Genetika Laut Indonesia‘untuk mendukung penjelajah di seluruh Indonesia agar lebih peduli dengan eksplorasi dan konservasi terumbu karang.

“Penyelam sebenarnya lebih jeli melihat perubahan ekosistem laut, seperti adanya organisme baru atau yang hilang. Untuk itu diperlukan sinergitas antara penyelam dan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, eksplorasi dan penyelamatan terumbu karang tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, melainkan harus melibatkan masyarakat luas. Apalagi pantai Indonesia adalah salah satu yang terpanjang di dunia, sehingga tidak mungkin hanya segelintir orang saja yang bisa melakukannya.

“Peneliti harus mendukung semua pihak. Kita harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan dan peran penting terumbu karang di Indonesia. Kuncinya adalah kerjasama dan rasa saling percaya untuk kepentingan terumbu karang,” ujarnya.

Artikel sebelumyaNetflix belum menemukan sutradara yang hebat, kata sutradara Cannes
Artikel berikutnyaKetua Republik Rakyat Mongolia meminta pemerintah mengoreksi data penerima bantuan sosial