Beranda News Pakar: Jasa Hebat Habibie Mengatasi Krisis Ekonomi

Pakar: Jasa Hebat Habibie Mengatasi Krisis Ekonomi

Upaya Habibi untuk mengatasinya akan tetap abadi dalam sejarah.

Jakarta (ANTARA). Ekonom dan mantan menteri Ginanjar Kartasasmita mengatakan bahwa salah satu B.J. Habibi adalah solusi krisis ekonomi di awal era reformasi 1998.

“Sebuah jasa yang akan selalu dikenang dan sangat penting bagi pembangunan negara kita adalah solusi dari krisis ekonomi tahun 1998,” kata Ginanjar dalam seminar online memperingati HUT ke-85 BJ Habibi di Jakarta, Jumat malam.

Guinanjar menegaskan, jika krisis ekonomi tidak segera diselesaikan, maka seluruh warga negara Indonesia tidak akan merasakan situasi dan kondisi demokrasi di tanah air seperti saat ini.

“Upaya Habibi untuk mengatasinya akan tetap ada dalam sejarah,” kata Ginanjar.

Sementara itu, pakar sosial ekonomi Fakhri Ali mengatakan Habibi adalah seorang ilmuwan yang memiliki akses ke dunia politik.

“Baru di era Habibi cerita besar itu terjadi, hingga munculnya Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI),” jelas Fakhri.

Fakhri menegaskan, ketika Habibi mengambil alih dari Suharto, hal pertama yang dipikirkannya adalah mendemokratisasi Indonesia. Habibi, yang berpendidikan barat, bahkan tidak percaya dengan laporan bawahan atau birokratnya.

“Kebebasan yang diberikan kepada Habibi membuat dunia percaya bahwa Indonesia memang mewujudkan demokrasi,” kata Fakhri.

Artikel sebelumyaAirlangga minta rekaman Golkar lawan COVID-19
Artikel berikutnyaMantan Sekretaris Banggai Laut ditangkap dalam kasus korupsi