Beranda Hukum Panel: Tidak ada jaminan bahwa calon yang sekarang akan lolos seleksi Komnas...

Panel: Tidak ada jaminan bahwa calon yang sekarang akan lolos seleksi Komnas HAM

Sejujurnya, saya masih tidak yakin bahwa semua ini perlu dimasukkan.

Jakarta (ANTARA) – Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Periode 2022-2027, Prof. Makarim Wibisono mengatakan tidak ada jaminan bahwa petahana akan dipilih untuk lembaga tersebut.

“Tidak ada jaminan calon incumbent pasti lolos,” kata Prof. Makarim Wibisono saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Seperti diketahui, dewan juri mengumumkan 27 nama yang lolos dialog publik. Dari nama-nama tersebut, empat di antaranya saat ini masih aktif di Komnas HAM atau berstatus caleg aktif.

Empat calon, yaitu Amiruddin Al-Rahab, saat ini menjadi Wakil Ketua Eksternal dan Beka Ulung Hapsara adalah Koordinator Subkomite Pemajuan Hak Asasi Manusia/Komisaris Pendidikan dan Penyuluhan.

Khairansia kemudian menjabat sebagai Koordinator Subkomite Penegakan HAM/Komisaris Mediasi dan terakhir Munafrizal Manan menjabat sebagai Wakil Ketua Inner Komnas HAM.

Menurut prof. Makarim, dewan juri akan menyerahkan 14 nama kepada Komisi III DNR RI untuk mengikuti uji kelayakan dan kesesuaian.

Sebelum diajukan ke DPR, calon Komnas HAM periode 2022-2027 pertama mereka lulus psikotes pada 29-30 Juni 2022 dengan metode tatap muka (offline) di Jakarta.

Secara pribadi, Makarim meragukan semua nama tersebut mampu melaju ke tahap selanjutnya.

“Jujur, saya masih belum yakin semua ini perlu diperkenalkan,” katanya.

Terakhir, ia berharap anggota Komnas HAM terpilih dapat berperan maksimal dalam memajukan, menegakkan, dan menyelesaikan berbagai kasus HAM.

“Kami berharap komisaris yang baru bisa memutakhirkan dan menyempurnakan Komnas HAM,” ujarnya.

Artikel sebelumyaPKT Sebut Kakak Bupati Muna Tersangka Suap Dana PEN
Artikel berikutnyaTanah untuk bangun perumahan pegawai bandara Yogyakarta senilai Rp 23 miliar