Beranda News Pangdam berharap 268 calon perwira karir akan lulus ujian menjadi TNI profesional.

Pangdam berharap 268 calon perwira karir akan lulus ujian menjadi TNI profesional.

Jakarta (ANTARA) – Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa berharap 268 calon perwira karir yang lolos seleksi sebelum tahap akhir seleksi mampu menjadi generasi penerus dan pemimpin profesional. TNI sesuai bidang keilmuannya masing-masing.

Harapan tersebut diungkapkan Andika usai menentukan pelepasan 268 calon perwira karir untuk TA 2021, seperti yang disiarkan di kanal Youtube Jenderal TNI Andika Perkas di Jakarta, Senin.

Berdasarkan hasil evaluasi sidang komisi akhir penetapan (pantuhir) seleksi perwira karir tahun anggaran 2021, tercatat 268 peserta sebagai mahasiswa tahun pertama perwira karir TNI.

Dari 268 peserta yang lulus tes Pantuhir, 140 di antaranya taruna karir TNI AD, 45 perwira TNI AL, dan 83 orang taruna karir TNI AU.

Pekan lalu, Andika langsung memimpin audiensi pantuhir di gedung Lili Rohli AKABRI Magelang, Jawa Tengah.

Dalam proses yang berlangsung sekitar satu jam itu, Andika secara pribadi mengamati calon pejabat karir yang mengikuti seleksi Pantuhira. Ia juga aktif mempertanyakan alasan mengapa beberapa anggota lulus dan tidak lulus.

Bersama Andika, Kepala Puskesmas TNI Mayjen TNI Dr. Budiman, Sp.BP-RE(K), MARS

Sementara itu, beberapa peserta tidak lolos seleksi akhir karena alasan kesehatan, seperti tekanan darah yang terlalu tinggi di atas normal.

“Kenapa (peserta) nomor 123 (lulus)?” tanya Andika kepada Budiman saat sidang pantuhir.

Budiman Dijelaskan pula bahwa tekanan darah peserta tidak memenuhi syarat.

“Permisi, ini tekanan darah. Komandan diukur tinggi badan berulang kali. Nadinya 112 denyut. Ini tidak memenuhi syarat,” kata Budiman.

Andika kemudian setuju dengan penilaian Budiman karena dilihat dari kondisi fisik dan kondisi kesehatan calon perwira karir TNI harus prima.

Usai berunding dengan seluruh panitia seleksi pusat, Panglima menutup sesi pantuhir.

“Tidak perlu pawai, ini solusinya,” kata Andika menutup gugatan.

Seleksi Karir Tahun Anggaran 2021 TNI terdiri dari lulusan sarjana dan IV, beberapa di antaranya memiliki latar belakang medis umum.

Artikel sebelumyaPerpanjangan masa jabatan kepala daerah dari segi aturan
Artikel berikutnyaBupati Bantul: Pencegahan terorisme adalah tanggung jawab bersama