Beranda Warganet Pemerintah Kabupaten Subang membantu pembebasan lahan untuk pembangunan Bendungan Sadavarna.

Pemerintah Kabupaten Subang membantu pembebasan lahan untuk pembangunan Bendungan Sadavarna.

akan ada potensi masalah jika tidak segera diselesaikan

Subang (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Subang, Jawa Barat akan membantu Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Chitarum dalam proses pembebasan lahan untuk pembangunan Bendungan Sadavarna.

“Langkah ini harus segera kita ambil dan harus segera diselesaikan,” kata Bupati setempat Ruhimat dalam siaran pers yang diterima di Subang, Minggu.

Ia mengatakan, pihaknya akan membantu BBWS Citarum dalam proses pembebasan lahan untuk pembangunan Bendungan Sadavarna karena persoalan alih fungsi lahan harus diselesaikan sebelum proses konstruksi bisa dimulai.

“Secepatnya kita bisa menyelesaikan ini, terutama yang menyangkut tanah ulayat, tanah desa dan tanah wakaf. Ini berpotensi menjadi masalah jika tidak segera diselesaikan,” kata Bupati.

Bendungan Sadavarna sendiri merupakan salah satu program strategis nasional di bidang sumber daya air. Direncanakan bendungan tersebut mampu menampung 44,61 juta m3 untuk mengairi lahan seluas 4.500 hektar di Kabupaten Subang dan Indramyu.

Kepala BBWS Citarum Basari mengatakan, bendungan Sadavarna nantinya akan memasok air baku dengan rencana irigasi seluas 2.517 hektar ke Subang untuk meningkatkan potensi tanaman yang semula hanya 1-3 kali setahun, dan mengurangi banjir sebesar 12 persen. .

Saat ini progres pembebasan lahan sudah mencapai 64 persen.

Untuk itu, Basari meminta dukungan Pemkab Subang dalam proses pembebasan lahan. Karena saat ini masih ada lahan yang belum dibebaskan untuk pembangunan bendungan.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sendiri berencana menyelesaikan pembangunan bendungan Sadavarna pada Agustus tahun ini.

Artikel sebelumyaTingkat hunian pasien COVID-19 di RSKI Galang mencapai 66,96 persen.
Artikel berikutnyaPCIM Malaysia: Muhammadiyah bertahan karena otonom