Beranda News Pemindahan ibu kota negara memaksa penduduk Penajam terus bertambah.

Pemindahan ibu kota negara memaksa penduduk Penajam terus bertambah.

Penajam (ANTARA). Rencana pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke wilayah Penajama-Paser-Regensi Utara, Kalimantan Timur mengakibatkan jumlah penduduk di wilayah tersebut terus bertambah.

“Penduduk terus bertambah,” kata Paser Regensi, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Penajam Utara, Suyanto di Penajam, Kamis.

Pertumbuhan penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara tercatat pada tahun 2020 mencapai 6.000, sehingga total penduduk menjadi sekitar 181.456.

Selama tahun 2021, menurut Suyanto, jumlah penduduk di Kabupaten Penajam Paser Utara bertambah lagi sebanyak 3.695 jiwa, jumlah penduduk bertambah menjadi 185.151 jiwa.

“Penduduk yang pindah atau datang ke Kabupaten Penajam Paser Utara mencapai 30 hingga 40 persen dari jumlah penduduk yang pindah ke luar negeri yang hanya sekitar 20 persen,” jelasnya.

Sejak dicalonkan sebagai calon ibu kota baru Indonesia, ia seolah menjadi magnet bagi pendatang dari berbagai daerah untuk masuk ke Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pertumbuhan penduduk ini, kata Suyanto, antara lain karena banyak warga dari luar daerah yang berusaha mencari pekerjaan di wilayah ibu kota baru negara itu.

Dia melanjutkan, pertumbuhan penduduk bisa meningkat signifikan jika pembangunan infrastruktur ibu kota baru Indonesia dimulai.

Ia mengatakan arus urbanisasi tidak bisa dihentikan karena beberapa wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara telah ditetapkan sebagai calon ibu kota baru Indonesia.

Peningkatan jumlah penduduk ini, kata Suyanto, juga dapat mempengaruhi jumlah kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Pasera Utara.

“Jika jumlah penduduk bertambah menjadi 200.000 orang, maka DNRD akan bertambah 5 kursi menjadi 30 kursi dari sebelumnya 25 kursi,” katanya.

Artikel sebelumyaWalikota Chimakhi yang tidak aktif dijatuhi hukuman 7 tahun penjara karena menerima suap
Artikel berikutnyaWapres Ma’ruf Amin doakan kesembuhan Miftachul Ahyar