Beranda News Pengamat: Kinerja Airlangga Hartarto untuk kelompok agama semakin dekat.

Pengamat: Kinerja Airlangga Hartarto untuk kelompok agama semakin dekat.

Jakarta (ANTARA) – Peneliti Senior Sayful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengatakan, aktivitas dan profil Ketua Umum Partai Golkar Airlang Hartarto mendorong umat Islam untuk mendorong Eirlangg mencalonkan kelompok agama sebagai calon wakil presiden.

“Mereka yang dianggap berpengalaman, jujur, dan dekat dengan publik akan lebih mudah mendapatkan dukungan publik, terlepas dari latar belakang demografisnya,” kata Saidiman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Dalam hal ini, Saidiman mengapresiasi Airlangga yang memiliki kelebihan dengan mengutamakan kualitas pribadinya. Airlanga merupakan pusat pemulihan ekonomi, kesehatan, dan percepatan pertumbuhan di masa-masa sulit.

“Jika berhasil disebarluaskan ke publik, saya kira publik akan lebih terbuka untuk menerimanya. Fakta bahwa banyak elit yang mulai memperhitungkan Airlangg menjadi bukti bahwa dia memiliki daya tarik elektoral yang cukup tinggi, berdasarkan kinerja dan platform yang dianutnya selama ini,” kata Saidiman.

Sebelumnya, Partai Golkar berencana mencalonkan Ayrlangga sebagai calon presiden pada 2024. Rencana ini mendapat respon positif dari kelompok agama. Muhammadiyah, misalnya, meminta Ayrlangga mengangkat tokoh Muhammadiyah atau OU sebagai wakil presidennya.

Selain organisasi publik, partai politik yang beragama juga melakukan hal yang sama. PPP, misalnya, berencana menggabungkan Airlangga dengan Suharso Manoarfa, atau PAN, yang mengusulkan nama Sutrisno Bachir sebagai calon pendamping Airlangga.

Menurut Saidiman, terbentuknya poros nasionalis-religius menunjukkan bahwa politik Indonesia terus dikendalikan oleh faktor sosiologis, dan faktor demografi agama dianggap penting dan relevan oleh pemilih.

Pengumuman Saidiman sebagai tanggapan atas berbagai tekanan dari kelompok agama seperti Muhammadiyah dan partai politik agama seperti PPP, PKB dan PAN, yang meminta Airlang Hartarto untuk mencalonkan umat Islam sebagai calon wakil presiden 2024.

“Airlangga Hartarto dihadirkan sebagai perwakilan dari kelompok abangan atau nasionalis. Jika dia mencalonkan diri sebagai capres, maka wakil yang ideal dari sudut pandang ini adalah sosok dari kelompok atau partai Islam,” kata Saidiman.

Artikel sebelumyaKLHK: Menghilangkan Merkuri di Tambang Emas Perlu Komitmen Penambangan dan Pengolahan
Artikel berikutnyaLa Nyala mendukung penguatan DPD sebagai suara kepentingan daerah.