Beranda Warganet Pengguna jasa penyeberangan disarankan untuk memenuhi persyaratan perjalanan.

Pengguna jasa penyeberangan disarankan untuk memenuhi persyaratan perjalanan.

Jakarta (ANTARA) – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirien Hubdat) Budi Setiyadi menegaskan, pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan dihimbau untuk memenuhi persyaratan perjalanan sesuai dengan Pembatasan Penanggulangan Bencana Masyarakat (PPKM).

“Anda juga harus melengkapi alamat email HAC Indonesia Anda sebagai persyaratan perjalanan. Kami imbau kembali kepada masyarakat, karena masih banyak pemudik di lintas Jawa-Bali yang belum memenuhi syarat tersebut. Khususnya persyaratan kartu vaksin yang banyak calon penumpang tidak bisa penuhi,” kata Budi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Wisatawan dapat menunjukkan kartu vaksin pertama dan bukti sampel RT-PCR negatif yang dikumpulkan dalam jangka waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil rapid antigen test negatif yang diperoleh dalam jangka waktu maksimal 1 x 24 jam atau di tempat sebelum keberangkatan.

Budi menjelaskan, sejalan dengan keadaan darurat PPKM, Ditjen Perhubungan Darat menerbitkan SE 43 mulai tahun 2021 tentang Pedoman Perjalanan Darat Domestik Selama Pandemi Virus Corona (COVID-19) 2019.

Saat ini, Dirut Budi beserta jajarannya akan melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat, khususnya calon penumpang, guna memenuhi kebutuhan perjalanan sebelum perjalanan guna meminimalisir antrean dan keramaian di pelabuhan penyeberangan.

“Kami dari Ditjen Khubdat meminta petugas di jalur Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk dan Padangbai-Lembar untuk lebih mengantisipasi tuntutan masyarakat tersebut agar tidak terjadi antrean panjang saat mengecek kondisi perjalanan. Namun, kami juga menekankan bahwa orang tidak boleh bepergian kecuali ada keperluan mendesak untuk melakukannya, ”katanya.

Ia mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas perhubungan dan kepolisian di beberapa provinsi untuk mensosialisasikan SK tersebut agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya sehingga semua persyaratan terpenuhi dan terpenuhi begitu tiba di pelabuhan penyeberangan.

Artikel sebelumya5.921 pasien COVID sedang dirawat di Klinik Atlet Kemayoran
Artikel berikutnyaBio Saliva menawarkan tes PCR kumur.