Beranda Warganet Pertamina didedikasikan untuk konservasi ratusan ribu flora dan fauna.

Pertamina didedikasikan untuk konservasi ratusan ribu flora dan fauna.

Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina, perusahaan minyak dan gas bumi yang melestarikan ratusan ribu tumbuhan dan fauna untuk mengurangi risiko keanekaragaman hayati dari pertambangan.

Pjs Senior Vice President Corporate and Investor Relations Pertamina Fajriya Usman dari Jakarta, Rabu, mengatakan perusahaan berkomitmen untuk melestarikan flora dan fauna melalui Program Konservasi Keanekaragaman Hayati.

“Langkah-langkah lingkungan ini diambil tidak hanya untuk meminimalkan dampak kegiatan operasi, tetapi juga merupakan bagian dari langkah-langkah lingkungan, sosial dan tata kelola, serta untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan,” kata Fajriya.

Dia mengatakan bahwa 700.000 fauna dari 262 spesies dilestarikan, termasuk burung, gajah, kelelawar, kupu-kupu, monyet, musang, kura-kura, rusa, dan merak.

Juga, 50 program dilaksanakan untuk melestarikan fauna ini.

Salah satu program konservasi fauna unggulan Pertamina adalah rehabilitasi dan pelepasan elang Lamojang. Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan PGE Area Kamojang, BBKSDA Jawa Barat dan Raptor Indonesia.

Inovasi Program Konservasi Elang Kamojang mengurangi emisi dan limbah seperti jejak karbon, emisi limbah dan bahan bakar, dan mendirikan Pusat Konservasi Elang Kamojang Tur virtual

Pertamine juga memiliki program pusat rehabilitasi primata di Sulawesi di Malaka, yang bertujuan untuk menyelamatkan primata yak yang merupakan hewan peliharaan lokal. ada juga pemeriksaan kesehatan meminimalkan risiko zoonosis

“Program ini mengurangi minat masyarakat untuk berburu, memelihara atau bahkan memakan yaki. Program ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan konservasi yaki,” kata Fajriya Usman.

Selain fauna, Pertamina juga melestarikan flora sebanyak 628.065 tumbuhan dari 28 spesies, termasuk mangrove dan anggrek.

Sebagai bagian dari konservasi flora di berbagai wilayah Indonesia, 261 program telah dilaksanakan.

Dua program unggulan konservasi flora adalah Pertamina Educational Park di Kebun Raya Bogor dan Program Swasembada Kopi.

Di Kebun Raya Bogor terdapat cadangan berbagai tanaman dari cadangan Pertamina yang masing-masing diberikan Kode QR untuk memudahkan pengunjung mendapatkan informasi tentang tumbuhan tersebut.

Sedangkan program swasembada kopi adalah tentang menanam kopi puntang dan menyelamatkan owa jawa.

Melalui Lapangan Pertamina EP Subang, konservasi Owa Jawa dilakukan dengan memberdayakan masyarakat untuk menanam kopi.

Kopi yang ditanam adalah kopi puntang yang memiliki keunggulan aroma, rasa manis dan rasa.

“Menanam kopi di Puntang merupakan bentuk pemberdayaan masyarakat berbasis konservasi. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Puntang, juga dapat melestarikan hutan dan kelangsungan hidup owa jawa yang terancam punah, kata Fajriya.

Artikel sebelumyaPesantren Bina Madani Sembuh Dari COVID-19, Total 59
Artikel berikutnyaPemprov Bali Sebut WFB Bukan Penyebab Lonjakan Kasus COVID-19