Beranda News Poin: Pemerintah ambil langkah terobosan untuk rawat pasien pasien COVID-19

Poin: Pemerintah ambil langkah terobosan untuk rawat pasien pasien COVID-19

Jakarta (ANTARA) – Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah mengambil langkah penting agar pasien yang terpapar COVID-19 di Indonesia mendapatkan penanganan yang tepat.

Saat ini dibutuhkan RS darurat/RS lapangan, pasien dengan gejala sedang hingga berat tidak tahu harus ke mana lagi karena RS sudah penuh sesak,” kata Poin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dalam penilaiannya, dalam keadaan darurat saat ini, kemungkinan peningkatan kapasitas rumah sakit bisa dipertimbangkan. Poin mencontohkan dengan mengaktifkan kapal rumah sakit TNI AL atau kapal KRI DR Suharso dan Pelni yang bisa diubah menjadi kapal rumah sakit.

“Bangun rumah sakit lapangan, gedung yang bisa dialihfungsikan. Tapi jangan bertindak “seperti biasa”, kita harus bertindak dalam ritme kerja yang darurat, “katanya.

Mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu mengatakan langkah terobosan lain bisa dilakukan, seperti memobilisasi tangki oksigen dari seluruh Indonesia di luar Jawa dan Bali.

Berdasarkan pemantauan dan pengawasan, penanganan hulu pandemi COVID-19 memiliki sejumlah catatan yang perlu dikoreksi dan diantisipasi, katanya.

Dia mencontohkan keberadaan ruang perawatan, ketersediaan oksigen dan obat-obatan, personel dan peralatan medis, pengenalan PMCM darurat.

“Selain itu, dengan mengikuti aturan yang tegas, terukur dan tidak selektif, memperkuat komunikasi dan sosialisasi publik agar masyarakat memahami bahaya COVID-19 dan langkah-langkah penanggulangannya,” ujarnya.

Politisi PDI-P ini juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja sama mensukseskan Kebijakan Darurat PPKM dalam menekan penyebaran COVID-19.

Artikel sebelumyaRS Weits Kulon Progo kesulitan mencari tenaga medis
Artikel berikutnyaBMKG: Awan berbentuk UFO yang muncul di langit Banda Aceh berbahaya