Beranda Hukum Polda Maluku Terapkan Persyaratan BPJS Pembuatan SIM Card

Polda Maluku Terapkan Persyaratan BPJS Pembuatan SIM Card

Ambon (ANTARA) – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku akan menetapkan persyaratan untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan dari Kepolisian (SKCK) dengan bantuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Maluku.

“Kebijakan ini baru saja disampaikan, nanti akan terus kita implementasikan, tentunya kita di sini untuk menyesuaikan. Tinggal menunggu instruksi selanjutnya,” kata Kapolres Maluku Kombes Pol, Jumat di Ambon. M.Roem Ohoirat.

Menurutnya, usulan adanya BPJS merupakan hal yang positif, hal yang positif bagi seluruh masyarakat, karena menjamin keamanan.

“Bisa dibilang menjaga dan melindungi diri sendiri agar tidak terjadi apa-apa, kan,” ujarnya.

Yang penting, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mulai mewajibkan kartu anggota Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sebagai syarat pelayanan pemerintah.

Selain mewajibkan BPJS Kesehatan sebagai syarat jual beli tanah, terungkap pemerintah juga mewajibkan BPJS Kesehatan sebagai syarat pendaftaran umrah untuk pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM).

Keputusan Presiden (Inpres) 1/2022 tentang Perampingan Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional menginstruksikan Kapolri untuk memperjelas aturan agar pemohon SIM, STNK dan SKCK menjadi peserta aktif dalam program JKN.

Sementara itu, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) akan merampungkan peraturan yang menjadikan BPJS Kesehatan sebagai persyaratan wajib mengemudikan kendaraan bermotor. Putusan tersebut tertuang dalam Perpol Nomor 7 Tahun 2021 tentang Ranmor Residen.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ingin memastikan 98 persen masyarakat Indonesia mendapatkan jaminan kesehatan universal pada 2024, sesuai dengan Keputusan Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022.

Artikel sebelumyaSeri! Foto manusia lumba-lumba disilangkan dengan orang Jepang
Artikel berikutnyaPolisi Keluarkan SP3 Dugaan Korupsi Nurhayati Karena Kurang Bukti