Beranda Hukum Polres Bogor sedang memeriksa kepala desa di Chigombong untuk jual beli tanah...

Polres Bogor sedang memeriksa kepala desa di Chigombong untuk jual beli tanah garapan.

Saya hanya ditanya tentang sejarah negara.

Sibinong, Bogor (ANTARA) – Satuan Reserse Kriminal Polres Bogor memeriksa kepala desa (kades) di Sigombong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan tuduhan perampasan tanah.

Kepala Desa Tugudzhaya, Muhammad Rifki Abdilla, diperiksa Jumat sore terkait laporan jual beli tanah garapan seluas 1,9 ribu meter persegi di wilayahnya.

“Saya hanya diminta memberikan informasi tentang sejarah negara,” kata Rifki saat dihubungi di Bogor, Jumat.

Kasus bermula pada Juni 2021, ketika seorang warga bernama Hendro Soebianto melaporkan Rifki ke polisi di resor Bogor, karena diyakini terlibat dalam jual beli tanah garapan seluas 1,9 ribu meter persegi dari total 4,9 meter persegi. hektar yang dikuasai Hendro berdasarkan akta peralihan.

Hendro melaporkan hal ini ke polisi karena tanah yang dibelinya sejak tahun 1990 di Desa Neglasari, RT 04/04, dijual oleh mantan bawahannya dengan bantuan kepala desa Rifki dalam bentuk sertifikat yang tidak dapat disangkal.

Selain melaporkan keterlibatannya dalam jual beli tanah garapan, Hendro juga menginformasikan Kadesh Rifki tentang dugaan perusakan pagar yang menjadi penghambat lahan garapannya di Desa Neglasari.

“Selain itu, kami juga menyampaikan laporan pemeriksaan pada 29 Juni 2021, dan saya sangat menyesali tindakan yang dilakukan oleh kepala desa Tugujaya itu,” kata Hendro saat konferensi pers di sebuah kafe di Sibinong, Bogor, pada Jumat.

Kuasa hukum pelapor, Dodi Herman Fartodi, di lokasi yang sama meminta polisi menegakkan aturan yang berlaku dengan harapan hal seperti ini tidak terjadi lagi di kemudian hari.

“Kami berharap kejadian ini bisa diselesaikan karena ada itikad baik dari awal, tetapi kepala desa tidak kooperatif dan memang bekerja sama dengan mafia tanah,” kata Dodi.

Artikel sebelumyaPolisi selidiki dugaan penipuan lamaran kerja di PLTU Nagan Raya Aceh
Artikel berikutnyaPolda Sumut Dirikan 121 Pospam Natal