Beranda News Prakiraan bencana di Kaltara, Satlinmas penting untuk melindungi warga

Prakiraan bencana di Kaltara, Satlinmas penting untuk melindungi warga

Mengingat potensi berbagai bencana yang akan dihadapi di masa mendatang, anggota Satlinma harus membantu aparat keamanan untuk mengatasinya.

Tarakan, Kaltara (ANTARA) – Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang mengatakan, peran Satlinmas di provinsi itu penting untuk melindungi masyarakat, terutama dalam menghadapi ancaman berbagai jenis bencana alam. …

“Dengan potensi berbagai bencana ke depan, anggota Satlinma harus membantu aparat keamanan mengatasi tantangan tersebut,” katanya dalam keterangan yang diterima di Tarakana, Kamis.

Hal itu disampaikan Gubernur dalam Bimtek Online untuk Anggota Satlinmas Kabupaten Malinau Tahun 2021 di Tanjung Selora, Rabu (6/9).

Dikatakannya, Satlinmas merupakan elemen penting dalam menjamin perlindungan masyarakat.

Perlindungan yang dimaksud adalah upaya untuk meminimalkan dan mengurangi kemungkinan terjadinya bencana, katanya.

Dikatakannya, ada beberapa cara untuk melindungi penduduk yang bisa dilakukan.

Ini termasuk tindakan awal seperti menjangkau tokoh masyarakat, membangun jaringan deteksi dini, meningkatkan kesadaran masyarakat akan aturan dan peraturan, dan tindakan lainnya.

“Jenis pertahanan kedua adalah tindakan preventif seperti menjaga, mengawal dan patroli, deteksi dini atau peringatan, dan koordinasi antara kendaraan dan masyarakat,” katanya.

Ditambahkannya, satlinmas berperan sebagai mata dan telinga pemerintah yang hadir di tengah masyarakat untuk dapat melihat dan mendengarkan secara langsung berbagai aspirasi.

Menurutnya, pemimpin tidak bisa memberikan rasa aman tanpa bantuan dan dukungan berbagai elemen.

Tidak hanya itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa Satlinmas merupakan salah satu potensi yang dapat ditanamkan di tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi, membantu menjaga keamanan, ketertiban masyarakat, dan perlindungan masyarakat secara mandiri.

Ia juga diingatkan akan pentingnya penerapan protokol kesehatan COVUD-19 dalam proses menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari dalam rangka memutus mata rantai penularan COVID-19 di Kaltara, kata Zainal Arifin Paliwang.

Artikel sebelumyaBunga tinta yang mekar penuh ditemukan di Delhi Serdang
Artikel berikutnyaBMKG: Waspada Hujan Deras dan Petir di Babel