Beranda News Presiden Jokovi Hadiri Pembukaan PON Papua XX

Presiden Jokovi Hadiri Pembukaan PON Papua XX

Sebanyak 7066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti PON XX di provinsi Papua.

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo (Jokovi) menghadiri pembukaan PON XX 2021 Pekan Olahraga Nasional Papua (PON) Papua di Stadion Lucas Enembe, Kabupaten Jayapura, Sabtu.

Presiden mengenakan jaket PON XX dominan merah putih dengan wajah Papua dengan desain grafis yang berani di bagian depan. Tak lupa Presiden Jokovi mengenakan topeng berwarna cokelat muda.

Jaket PON XX Papua. DI ANTARA

Para menteri kabinet depan Indonesia yang hadir, termasuk Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan pejabat terkait lainnya, juga mengenakan jaket serupa.

Pembukaan PON XX dibuka dengan penampilan lagu dan tarian yang menceritakan kisah masa lalu, masa kini dan masa depan Papua, yang membawa pesan kebangkitan anak-anak Papua di masa depan.

Sejumlah penyanyi dan artis nasional Papua juga turut memeriahkan acara tersebut, antara lain Edo Kondologit, Tulus, Ruth Sakhanaya, Michael Jacarimilena, Novela Elisabeth Aparay dan Lea Simandjuntak.

Selain itu, Raffi Ahmad, Intan Saumadina, Peter Guinui dan Irsa Yoku hadir sebagai pembicara sebelum acara pembukaan.

Usai upacara pembukaan, para atlet dari masing-masing provinsi yang akan bertanding di PON XX berkumpul di kolom dan berjalan melintasi lapangan sambil melambaikan tangan.

Sebanyak 7.066 atlet dari seluruh provinsi di Indonesia mengikuti PON XX di Provinsi Papua, terdiri dari 4.176 atlet putra dan 2.890 atlet putri.

Ketua Tim Keabsahan PON XX Soedarmo mengatakan, atlet dari 34 provinsi dipertandingkan dalam 37 cabang olahraga, 56 cabang olahraga, dan 679 pertandingan.

Artikel sebelumyaHasil survei menunjukkan bahwa masyarakat puas dengan kinerja pemerintah provinsi Gorontalo.
Artikel berikutnyaTerorisme Poso: Narapidana bersumpah cinta NKRI