Beranda News Presiden Jokovi Serukan Kemitraan yang Saling Menghargai di KTT ASEAN-China

Presiden Jokovi Serukan Kemitraan yang Saling Menghargai di KTT ASEAN-China

Jakarta (ANTARA) – Presiden Joko Widodo meminta ASEAN dan China untuk terus menjaga kemitraan yang saling menghormati dan saling menguntungkan yang telah terjalin selama 30 tahun.

“Tiga puluh tahun sudah cukup untuk membangun kepercayaan di antara kita,” kata Presiden Joko Widodo pada KTT ASEAN-China ke-24, yang diadakan secara virtual dari Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat, Selasa.

Presiden Djokovi mengatakan ASEAN dan China memiliki kepentingan yang sama dalam membangun kawasan yang damai dan stabil, termasuk di Laut China Selatan, dengan tetap menghormati hukum internasional.

“Keberhasilan kami dalam membangun kemitraan yang langgeng, antara lain, akan sangat bergantung pada bagaimana kami mengelola Laut China Selatan,” jelasnya.

Selain itu, ASEAN dan China memiliki kepentingan yang sama untuk terus membangun kemitraan guna meningkatkan kesejahteraan. Presiden Djokovi menegaskan, ASEAN tidak ingin terjerumus ke dalam jebakan rivalitas yang bisa merugikan.

“ASEAN sangat ingin mengembangkan kerja sama secara terbuka dan inklusif dengan semua mitra pada empat prioritas, yaitu transportasi laut, konektivitas, pencapaian SDGs dan penguatan perdagangan investasi,” katanya.

Presiden Djokovi percaya bahwa kemitraan yang telah dibangun selama 30 tahun, harus menjadi aset besar.

“Jika kita berhasil dalam kolaborasi ini, kemitraan strategis yang komprehensif akan menjadi keharusan,” katanya.

Artikel sebelumyaDispatch Ungkap Kisah Kencan Kim Sung Ho Dengan Mantan Pacarnya
Artikel berikutnya"cerita Dinda" membuka "hubungan beracun" di sudut baru