Beranda Warganet Presiden ke Balikpapan cek vaksinasi massal dan buka tol

Presiden ke Balikpapan cek vaksinasi massal dan buka tol

Balikpapan (ANTARA) – Presiden Joko Widodo berencana berkunjung ke Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Selasa (24/8) untuk meninjau vaksinasi besar-besaran COVID-19 di Jalan Ruhuy Rahayu City House dengan target 1.000 warga, termasuk pelajar.

Presiden juga akan membuka seksi 1 dan seksi tol Balikpapan-Samarinda di gerbang tol Manggar dengan menandatangani rambu lalu menguji jalan tol sepanjang 12 km.

“Selain protokol standar untuk menjaga keselamatan presiden dan protokol kesehatan akibat COVID-19, tindakan presiden sangat keras dari segi keamanan,” kata Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman, Letkol Inf. Tawfiq Hanif di Balikpapan, Minggu (22 Agustus).

Karena itu, menurut dia, baik kehadiran maupun jurnalis yang meliput kegiatan Presiden akan dibatasi.

Dalam kunjungan dan peninjauan tersebut, Presiden akan didampingi Gubernur Kaltim Isran Nur, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen Heri Viranto, Kapolda Kaltim Irjen Herri Rudolf Nahak dan Walikota Balikpapan Rahmad Mas’ud.

Presiden tidak bermalam di Balikpapan, tetapi langsung kembali ke Jakarta dengan pesawat Presiden Indonesia.

Terkait peresmian tol Balikpapan-Samarinda, Presiden Joko Widodo pertama kali membuka ruas Samboja-Palaran sepanjang 66 kilometer pada akhir 2019. Saat itu, seksi 1 dan 5 belum selesai karena berbagai kendala teknis.

Tol pertama di Kalimantan ini mempersingkat jarak dan waktu tempuh antara Balikpapan dan Samarinda. Karena jarak kedua kota sekitar 99 km, waktu dapat dihemat dengan jalan tol. Jalan tol Balikpapan-Samarinda saat ini memakan waktu kurang lebih satu jam, sedangkan kendaraan yang menggunakan jalan tol membutuhkan waktu 2-3 jam atau lebih.

Saat ini, sedikitnya 3.000 kendaraan per hari melewati jalan yang dibangun dari beton.

Artikel sebelumyaBKSDA angkut dua gajah ke Inhu
Artikel berikutnyaVaksinasi versus agama