Beranda News Profesor UNJ Puji Karya Ilmiah Megawati di Jurnal Pertahanan

Profesor UNJ Puji Karya Ilmiah Megawati di Jurnal Pertahanan

Jakarta (ANTARA) – Guru Besar Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Guru Besar Hafid Abbas memuji isi karya ilmiah Presiden Kelima Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri yang mengangkat topik Panchasil yang dimuat dalam buku Pertahanan Jurnal Universitas Pertahanan Indonesia.

Hafid Abbas di Jakarta, Kamis, mengatakan bahwa artikel ilmiah tersebut berjudul “Menegakkan Panchasil Sebagai Asas Mendasar Indonesia” yang berarti sejarah terbentuknya Panchasil sebagai Asas Mendasar Indonesia.

“Tidak hanya di dunia pendidikan tinggi dalam negeri, tetapi juga untuk dunia internasional. Ini tidak biasa,” katanya dalam keterangan tertulis.

Profesor Hafid mengaku memperdalam pemikiran tokoh Indonesia Sukarno, yang mengabstraksi Panchasila. Bahkan, sebagai manusia ia melakukan gerakan kebangkitan gerakan tersebut. kota masuk akalt yang digagas oleh Bung Karno melalui UNJ.

Oleh karena itu, pria kelahiran Bon, Sulawesi Selatan ini sangat senang membaca pemikiran ilmiah agung dan paling mendasar yang diungkapkan Megawati tentang Panchashila dalam tulisan ilmiahnya.

Menurutnya, nilai-nilai universal Panchasil yang dijabarkan Megawati dalam jurnal internasional dapat dijadikan penelitian ilmiah lanjutan di dunia akademik.

Selain itu, mantan Direktur Jenderal Hak Asasi Manusia Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia itu mengatakan pihaknya melihat ada titik terang dalam surat-surat Megawati. Agar nilai-nilai universal Panchasila semakin mengakar di segala bidang kehidupan bangsa Indonesia.

“Tidak hanya itu, kami sangat berharap apa yang Megawati siarankan juga dapat menginspirasi masyarakat internasional untuk menjaga keharmonisan hidup dan perdamaian di seluruh planet ini,” kata mantan komisioner Komnas HAM Indonesia ini.

Hafid mengatakan hal itu sebagai bentuk dukungannya terhadap rencana pemberian gelar guru besar emeritus (guru besar tidak tetap) kepada Presiden Megawati Universitas Pertahanan (Unhan). Upacara penganugerahan akan berlangsung pada 11 Juni 2021.

Artikel sebelumyaPemutaran perdana film “Sarcophagus on the Doors”, yang diproduksi oleh Balai Pustaka, akan berlangsung di Malaysia pada bulan Juli.
Artikel berikutnyaPanglima TNI: Utamakan Sinergitas Tiga Pilar Penindasan Gugus di Lamongan.