Beranda Nusantara Rektor: Komitmen Unila pada kendaraan listrik untuk mengurangi pemanasan global

Rektor: Komitmen Unila pada kendaraan listrik untuk mengurangi pemanasan global

Selamatkan Bumi

Bandarlampung (ANTARA) – Rektor Universitas Lampung (Unila) Profesor Karomani mengatakan pengembangan kendaraan listrik merupakan komitmen kampusnya untuk membantu mengurangi pemanasan global di dunia.

“Ada arah. Keselamatan Bumi. Tentunya juga menjadi komitmen global bagaimana kita memperhatikan pemanasan global, perubahan iklim yang cepat, tujuannya untuk mencapai ini,” kata Rektor Unila di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan peluncuran mobil listrik ini merupakan upaya Unila menyelamatkan bumi dari pemanasan global, dan juga akan meningkatkan peringkat kampus UI Green Matric.

Padahal, lanjutnya, harus ada semua proses pembangunan dari tingkat desa. tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) karena merupakan bagian dari upaya manusia untuk menyelamatkan bumi.

“Meskipun saya, sebagai orang yang religius, percaya bahwa akhir dunia akan datang. Tugas kita memperlambat saja, kalau tidak kita percepat,” katanya.

Karomani menegaskan akan mendukung penuh pengembangan kendaraan ramah lingkungan yang diciptakan oleh dosen dan mahasiswa Unila.

“Ini merupakan upaya Unila untuk berkontribusi menyelamatkan bumi dengan berinovasi dalam memproduksi kendaraan ramah lingkungan, sehingga hal ini harus didukung oleh semua elemen, karena kita ingin mewariskan sifat baik dan ramah kepada anak cucu kita,” ujarnya. .

Selain itu, ia juga memiliki niat ke depan, semua kendaraan yang akan masuk ke kampus Unila akan ramah lingkungan dan tidak berbahan fosil.

“Paling tidak nanti yang masuk ke lingkungan kampus adalah sepeda atau kendaraan non-fosil. Namun tidak bisa sekaligus, karena kami melihat kesiapan kami menyiapkan fasilitas, tapi ada niat agar seluruh lingkungan kampus benar-benar ramah. dan nyaman,” ujarnya.

Sebelumnya, dosen dan mahasiswa kampus hijau ini telah merilis kendaraan listrik bernama Unila Electric Vehicle (EVU 01). Mobil ini dinyatakan ramah lingkungan karena terbuat dari bahan alami.

Berikut ciri-ciri kendaraan listrik yang disusun oleh guru dan siswa Unila:

1. Motor listrik: 3KW
2. Torsi: 70Nm
3. Rasio gigi: 1:10 dan 1:20
4. Panel surya: 100W.
5. Baterai: 60 volt 45 Ah
6. Kecepatan maksimum: 50km/jam
7. Jangkauan: 100-150 km.
8. Berat: 400 kg.
9. Tubuh: rami dan daun bambu.

Artikel sebelumyaLagu Terima Kasih Prinsa Mandagie "Teman pertama" mendapatkan nilai tinggi
Artikel berikutnya41 hari perjuangan berburu harimau sumatera di palembayan agama