Beranda Warganet Rektor ULM mendorong mahasiswa untuk memulai bisnis selama masih kuliah.

Rektor ULM mendorong mahasiswa untuk memulai bisnis selama masih kuliah.

Lulusan jangan hanya berharap menjadi karyawan

Banjarmasin (ANTARA) – Rektor Universitas Lambung Manggurat (ULM), Profesor Sutarto Hadi mendorong mahasiswa untuk memulai usaha sendiri sejak duduk di bangku kuliah, tanpa mengganggu kegiatan akademik untuk mendapatkan gelar sarjana.

“Pendidikan universitas jangan dijadikan alasan untuk tidak bisa memulai usaha. Apapun bisa dilakukan dengan tekad dan kerja keras,” ujarnya, Sabtu di Banjarmasin, Kalsel.

Menurut Sutarto, kampus menawarkan peluang terbesar bagi mahasiswa berwirausaha sebagai penunjang terciptanya wirausahawan muda. Apalagi di masa pandemi COVID-19, saat perkuliahan dilakukan secara online, mahasiswa di luar kampus memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan bermanfaat yang dapat menghasilkan uang.

“Setelah lulus kuliah, harapannya para lulusan tidak hanya berharap menjadi karyawan, tetapi menjadi wirausahawan yang akan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang,” ujarnya.

Bahkan perguruan tinggi negeri terakreditasi A terbaik di Kalimantan ini telah bermitra dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) untuk membantu mahasiswa modal ventura mengajukan proposisi bisnis terbaik.

“Ketua Umum BPP Hipmi Mardani H. Maming pernah membantu 10 mahasiswa dengan modal usaha masing-masing Rp 10 juta,” kata Sutarto.

Ia juga menegaskan langkah ULM menuju kampus yang menyiapkan wirausahawan muda sejalan dengan kebijakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim, yaitu kampus Merdeka dan belajar mandiri.

“Dunia pendidikan dan dunia kerja harus saling bersesuaian. Kita harus memastikan lulusan ULM siap memasuki dunia kerja setelah lulus, termasuk yang menjalankan usaha sendiri,” ujarnya.

Artikel sebelumyaTNI AL menyasar desa pesisir yang belum divaksin
Artikel berikutnyaPP IKABI Sebut Kematian Dokter Saat Pandemi Bisa Dicegah