Beranda News RI sedang membangun mercusuar di Coral Lion Island

RI sedang membangun mercusuar di Coral Lion Island

Batam (ANTARA). Pemerintah Indonesia akan membangun mercusuar dengan struktur permanen di Pulau Karang Singa di provinsi Kepulauan Riau yang berseberangan dengan Pulau Karang Tengah Malaysia, untuk melindungi kedaulatan NKRI.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan aspek terpenting dari pembangunan mercusuar di Karang Singa adalah tidak terlalu proporsional dengan infrastruktur yang dibangun oleh pemerintah Malaysia di Pulau Karang Tenga atau Middle Rock.

“Yang penting jangan sampai tersesat. Malaysia punya fasilitas permanen, tapi daerah kita hanya ‘pelampung’. Tidak permanen,” kata Menteri Tito usai berkeliling di Pulau Karang Sing dan Karang Selatan. di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Kamis.

Dikatakannya, sudah dibangun struktur permanen di Middle Rock Malaysia, bahkan ada Helipad. Sedangkan Pulau Singa Karang hanya memiliki pelampung kecil.

“Oleh karena itu, kita harus menjaga kedaulatan. Ini menyangkut zona teritorial, banyak konsekuensinya,” kata Tito.

Selain itu, Pulau Singa Karang terletak di Selat Malaka, salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia. “Bottleneck” itu sangat penting, perlu dilindungi dan ditandai sebagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada tahap awal, Kemhan akan membangun mercusuar dengan bendera merah putih. Kemudian pindah ke platform DOT yang lebih permanen.

“Kami ingin menjaga kedaulatan kami dan tidak seperti Sipadan Ligitan. Kita tidak boleh kehilangan satu inci pun dari wilayah kita, ”katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Menteri Pertahanan Herindra mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pembangunan di Pulau Karang Singa.

“Mungkin bulan ini, Februari, saat cuaca cukup baik, kami akan segera membangun mercusuar di tempat ini agar kawasan ini tidak kalah dengan NKRI,” ujarnya.

Menurutnya, kawasan itu memiliki potensi yang kontroversial, sehingga harus dilindungi agar tidak punah.

Sementara itu, Gubernur Kepri Ansar Ahmad mengatakan pihaknya konsisten mendukung kedaulatan negara. Selain itu, Kepulauan Riau merupakan rumah bagi sejumlah pulau unggulan Republik Indonesia.

Artikel sebelumyaPenjara Rajabas Mencegah Pengiriman Ganja Melalui Sotong
Artikel berikutnyaPresiden diminta memastikan transparansi pembahasan RUU TPCC dan PPRT.