Beranda Warganet RI usulkan perluasan kerja sama tenaga kerja dengan Singapura

RI usulkan perluasan kerja sama tenaga kerja dengan Singapura

Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Sumber Daya Manusia (Kemnaker) mengusulkan perluasan kerja sama bilateral dengan Singapura di bidang ketenagakerjaan, misalnya pengembangan teknologi digital bagi kaum muda.

“Usulan perluasan kerja sama ini ke depan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekosistem digital di Indonesia,” jelas Anwar, Sekretaris Jenderal Kementerian Sumber Daya Manusia, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta. , Rabu.

Sekretaris Jenderal Anwar Sanusi mencontohkan beberapa contoh peningkatan kerja sama, seperti permintaan bantuan pakar Singapura untuk mengembangkan pusat inovasi dan pusat bakat Kementerian Sumber Daya Manusia untuk mentransfer pengetahuan dan inovasi terkait teknologi digital untuk anak muda. dan perkembangan ekosistem digital di Indonesia.

Anwar juga mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Kepegawaian Singapura H.P. Tan Si Leng membahas kemajuan kerja sama antara Indonesia dan Singapura di bidang tech of talent/ToT.

Lingkup kerja sama yang diharapkan meliputi pengerahan tenaga ahli Singapura, pengembangan virtual reality, ToT untuk instruktur BLK, pelatihan teknis untuk mendukung implementasi Making Indonesia 4.0, dan peningkatan kapasitas teknologi dalam Critical Occupation List (COL).

“Kementerian Tenaga Kerja telah mengajukan draft proposal ke Singapura melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk mendapatkan feedback dari Singapura. Singapura saat ini sedang menjajaki potensi kerjasama yang dapat terjalin dan mengidentifikasi instansi yang tepat di Singapura,” ujarnya. dijelaskan.

Dalam kesempatan tersebut, Indonesia juga meminta Pemerintah Singapura untuk mendukung keberhasilan kepresidenan Indonesia dalam ASEAN Labour Ministers Meeting (2020-2022) dan keberhasilan kepresidenan G20 Indonesia pada 2022.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mencari dukungan dari pemerintah Singapura untuk membantu melindungi dan mengatasi penyebaran pandemi COVID-19 serta meningkatkan pentingnya memvaksinasi pekerja migran Indonesia (PMI) dan keluarganya di Singapura.

Artikel sebelumyaBintang "Teman" James Michael Tyler menderita kanker
Artikel berikutnyaPesantren Bina Madani Sembuh Dari COVID-19, Total 59