Beranda Warganet Riau mendapat hibah mobil dari Kementerian Dalam Negeri senilai Rp 3,89 miliar.

Riau mendapat hibah mobil dari Kementerian Dalam Negeri senilai Rp 3,89 miliar.

akan beroperasi terutama di daerah/kota yang belum memiliki laboratorium untuk mempelajari sampel pasien COVID-19.

Pekanbaru (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Riau mendapat hibah satu unit kendaraan laboratorium PCR senilai Rp3,89 miliar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memperkuat uji PCR di daerah tersebut.

Mobil senilai Rp 3,8 miliar itu diserahkan Pj Sekjen Kementerian Dalam Negeri Suhajar Diantoro kepada Gubernur Riau H. Shyamsuar di gedung Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa.

Syamsuara juga didampingi Sekretaris Daerah Provinsi Riau S.F. Hariyanto dan Kepala BPKAD Provinsi Riau Indra SE.

Rencananya kendaraan besar tersebut akan diantar langsung ke Riau sehingga dapat digunakan di berbagai daerah/kota se-Riau. Dua provinsi yang menerima hibah PCR Mobile Lab adalah Riau dan Kalimantan Barat.

“Kami tentunya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas bantuan dari Mendagri. Semoga kita bisa menangani kasus COVID-19 di Riau. Antara lain dengan penguatan tes PCR,” kata Syamsuar.

Shyamsuar mengatakan mesin lab PCR nantinya akan bekerja, terutama di kabupaten/kota yang belum memiliki laboratorium untuk menguji sampel dari pasien COVID-19.

Saat ini daerah/kota yang sudah memiliki laboratorium PCR antara lain Bengkalis, Dumai, Siak, Inhil dan kota Pekanbaru.

PCR adalah reaksi berantai polimerase waktu nyata. PCR adalah mekanisme yang membaca kode genetik dalam sampel untuk menentukan keberadaan COVID-19. Tes PCR mengacu pada reaksi berantai transkriptase-polimerase terbalik (RT-PCR).

Artikel sebelumyaSemyon Padang menerima sertifikat industri hijau dari Kementerian Perindustrian dan Perdagangan
Artikel berikutnyaRidvan Kamil: Bogor Town Square tinggal menunggu adegan di Tiktok