Beranda Warganet Riset Profesional CEO: Keterampilan Interpersonal dan Faktor Kunci Kesuksesan Wirausaha

Riset Profesional CEO: Keterampilan Interpersonal dan Faktor Kunci Kesuksesan Wirausaha

itu hanya keterampilan dan karakter kita, apakah kita berani atau tidak

Jakarta (ANTARA) – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi Vikan Sakarinto mengatakan tentang kemampuan “softskill” dan karakter adalah kunci keberhasilan wirausaha.

“Bisnis adalah kekuatan dalam keterampilan lunak (keterampilan sosial) dan karakter,” kata Vican Sakarinto pada webinar “Kewirausahaan: Peran Wanita Sebagai Ibu Rumah Tangga, Pekerja dan Pengusaha” yang diadakan di Jakarta, Senin.

Wikan mengatakan, keterampilan teknis membangun bisnis bisa dipelajari dengan cepat. Selain pengembanganplatform “ jual beli serta media sosial memudahkan dalam memasarkan produk.

keterampilan teknis dapat dipelajari dengan sangat cepat. Jadi dimana kamu hari ini? perdagangan elektronik Itu sangat gaib, teknologi ada di mana-mana, dan teknologi untuk mempromosikan merek melalui media sosial lebih luas. Jadi kenyamanan ada di depan mata kita, stay keterampilan lunak dan karakter kita, berani atau tidak,” jelasnya.

Namun di balik kemudahan tersebut terdapat tantangan yang harus dihadapi, seperti ketatnya persaingan dan melemahnya perekonomian akibat pandemi COVID-19.

Dalam kesempatan ini, Vikan juga menceritakan bahwa sejak kecil ia telah berulang kali mencoba membuka beberapa bidang usaha. Sebagian besar usahanya gagal. Namun, Vican tidak menyerah hingga akhirnya menemukan bisnis yang digelutinya hingga saat ini.

“Total, saya sudah mencoba 14 kali dalam bisnis dan 11 kaligatot ya, gagal total. Kerugian, penipuan atau non-penjualan, atau yang lainnya. Tinggal dua jalan lagi,” ujarnya.

Artikel sebelumyaVocations CEO: Jangan takut gagal jika ingin sukses dalam bisnis.
Artikel berikutnyaLa Nina sedang meningkatkan curah hujan bulanan sebesar 70 persen