Beranda Warganet Sebanyak 110 rumah sakit di Jawa Timur tidak memiliki pasien COVID-19.

Sebanyak 110 rumah sakit di Jawa Timur tidak memiliki pasien COVID-19.

Ada total 164 rumah sakit di Jawa Timur yang mengkhususkan diri dalam perawatan COVID-19.

Surabaya (ANTARA) – Sebanyak 110 rumah sakit khusus penanganan COVID-19 di Jawa Timur dilaporkan tidak memiliki pasien terinfeksi virus corona hingga awal Oktober 2021, kata pejabat pemerintah provinsi setempat.

Gubernur Jawa Timur Hofifa Indar Paravansa mengatakan, Jumat di Surabaya, data tersebut diperoleh dari Kementerian Kesehatan yang diluncurkan secara online pada 30 September 2021.

“Total ada 164 rumah sakit di Jawa Timur yang mengkhususkan diri dalam penanganan COVID-19. Menurut Kementerian Kesehatan hingga kemarin, 30 September. Unit perawatan intensif atau ICU COVID-19 di 110 rumah sakit khusus sudah tidak ada pasien lagi,” ujarnya kepada wartawan.

Artinya, 67 persen rumah sakit yang menerima perawatan COVID-19 di Jawa Timur tidak memiliki pasien.

Hofifah mengatakan, Kemenkes juga mengumumkan isolasi pasien COVID-19 di 52 rumah sakit khusus di wilayah Jawa Timur tanpa pasien.

“Artinya 31% rumah sakit khusus tidak memiliki pasien yang diisolasi. Salah satunya RS Lapangan Indrapura, Surabaya,” ujarnya.

Berdasarkan informasi tersebut, Hofifa menyatakan bahwa tempat tidur tersebut ditempati atau hunian tempat tidur (BOR) pasien COVID-19 di wilayah Jawa Timur turun di bawah standar minimal 60 persen yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO).

“Meskipun BOR di bawah standar yang ditetapkan oleh WHO, saya meminta Anda untuk tetap waspada dan disiplin protokol medis dan mempercepat vaksinasi,” katanya.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur ini mengucapkan terima kasih atas kerja keras, kerjasama tim, doa dan kerjasama para tenaga kesehatan, Forkopimda dan berbagai elemen masyarakat yang telah bahu membahu mencegah dan mengendalikan penyebaran COVID-19.

“Perlu terus diupayakan dan didoakan agar kondisi Covid-19 di Jatim tetap terkendali dan semakin terjal,” ujarnya.

Artikel sebelumyaBanjir bandang melanda Gorontalo lagi
Artikel berikutnyaPemerintah Kota Palembang telah menetapkan tugas untuk memulihkan pekerjaan 21 anak sungai