Beranda Nusantara Seekor gajah sumatera ditemukan mati tanpa kepala di Aceh Timur

Seekor gajah sumatera ditemukan mati tanpa kepala di Aceh Timur

Gang Aceh (ANTARA) – Seekor gajah Sumatera (lengan maksimal sumatera) ditemukan tewas tanpa kepala di Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, menurut angka resmi dari Badan Perlindungan Sumber Daya Alam (BKSDA).

Kepala BKSDA Aceh Agus Arianto mengatakan, bangkai gajah jantan ditemukan di kawasan Jumbo-Reuhad pada Minggu (7/11).

“Setelah kami mendapat informasi dari polisi bahwa gajah itu mati, kami langsung mengirimkan tim ke tempat ini. Diduga gajah tersebut mati karena perburuan gading,” kata Agus di Banda Aceh, Senin.

Menurut dia, berdasarkan keadaan bangkai gajah tersebut, tidak menutup kemungkinan para penjahat memotong kepala gajah tersebut dan kemudian membawanya ke tempat lain untuk diambil gadingnya.

“Ini asumsi sementara. Tentunya akan dilakukan otopsi atau otopsi untuk mengetahui penyebab kematian gajah tersebut,” kata Agus.

Tim BKSDA bersama aparat kepolisian Aceh Timur dan Pusat Perlindungan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Gakkum) masih menyelidiki penyebab kematian satwa yang dilindungi tersebut, katanya.

“Kami terus berkoordinasi dengan polisi dan pusat Gakkum untuk menentukan penyebab kematian. Kecurigaan sementara disebabkan oleh perburuan, ”kata Agus.

Ia menjelaskan, gajah sumatera merupakan satwa liar yang dilindungi dan tergolong sangat terancam punah oleh lembaga konservasi internasional. Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

BKSDA Aceh telah menghimbau kepada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pelestarian satwa liar seperti gajah sumatera tanpa merusak hutan yang merupakan habitat satwa liar, dan tanpa berburu satwa liar.

“Perusakan habitat gajah bisa menimbulkan konflik dengan manusia. Konflik ini dapat menimbulkan kerugian ekonomi dan hilangnya nyawa, serta kelangsungan hidup satwa yang dilindungi tersebut,” kata Agus Arianto.

Artikel sebelumyaLisa BLACKPINK bersiap untuk debut solo tahun ini
Artikel berikutnyaGempa 5.2 Pandeglang disebabkan oleh deformasi lempeng di zona Beniof.