Beranda Trending Sutradara: Animasi "Lari" tunjukkan sejarah orang-orang sebagai pengungsi

Sutradara: Animasi "Lari" tunjukkan sejarah orang-orang sebagai pengungsi

Jakarta (ANTARA). Film dokumenter animasi nominasi Oscar The Flight, tentang penerbangan seorang pria gay dari Afghanistan ke Eropa, mencoba menunjukkan bahwa status pengungsi dapat terjadi pada siapa saja, tidak peduli siapa mereka, kata sutradara itu kepada AFP.

Run adalah film yang menerima tiga nominasi Oscar atas nama Denmark. Film ini menjadi sorotan menjelang Oscar hari Minggu. “Penerbangan” itu menjadi pendorong di tengah eksodus massal warga Ukraina yang melarikan diri karena darurat militer di negara mereka.

“Saya sangat berharap kami dapat memberikan beberapa nuansa dan beberapa perspektif. Menjadi pengungsi bukanlah seseorang. Ini adalah keadaan hidup,” kata sutradara Jonas Pocher Rasmussen kepada AFP pada malam invasi Rusia ke Ukraina, yang dikutip pada hari Selasa.

Rasmussen mengatakan, peristiwa yang menimpa pengungsi Suriah yang pindah ke Denmark dan Eropa pada 2015 memotivasinya untuk membuat film.

Sedangkan ide film Run berawal dari percakapan Rasmussen dengan teman masa kecilnya, yang disebut “Amin” dalam film tersebut, untuk melindungi identitasnya. Amin tiba sebagai remaja pengungsi di sebuah desa kecil dekat Kopenhagen, tempat Rasmussen berasal, pada tahun 1996.

Menggabungkan 2D, sketsa animasi dan cuplikan arsip berita, “Running” menangkap penderitaan para pengungsi sebagai tema universal pencarian umat manusia untuk tempatnya di dunia.

“Saya pikir orang benar-benar dapat berhubungan dengan universalitas cerita. Kebanyakan orang di beberapa titik dalam hidup mereka mencari tempat di mana mereka merasa bisa, jujur, siapa mereka, ”kata Rasmussen.

Sebelumnya, “Run” meraih Jury Prize di Sundance Film Festival. Nantinya, akan ada tiga nominasi Oscar: Film Internasional Terbaik, Dokumenter Terbaik, dan Film Fitur Animasi Terbaik.

Rasmussen mengaku terkejut dengan keberhasilan Flee. Dia membuat beberapa film lagi, tetapi tidak sesukses orang-orang sezamannya, sutradara Denmark seperti Lars von Trier dan Thomas Vinterberg. Berkat Flee, karya ini menjadi terobosan internasional bagi Rasmussen.

“Awalnya…ukuran keberhasilan kami adalah siaran TV nasional di sini (Denmark). Dan kemudian proyek itu tumbuh dan berkembang, dan inilah kami dengan tiga nominasi Oscar, ”katanya.

Artikel sebelumyaBuang air besar menghalangi akses ke air minum yang aman
Artikel berikutnyaMenjaga air bersih