Beranda Nusantara Tambor Geopark dinominasikan untuk Geopark Dunia UNESCO

Tambor Geopark dinominasikan untuk Geopark Dunia UNESCO

Mataram (ANTARA) – Geopark Nasional Tambor yang terletak di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, masuk dalam nominasi seleksi calon UNESCO Global Geopark (UGGp) tahun 2021 yang akan diselenggarakan oleh Komite Geopark Nasional Indonesia (KNGI). …

Konfirmasi itu berdasarkan email dari Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi No. 869/DEPUTI V/MARVES/VII/2021 tanggal 2 Juli 2021.

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkiflimansiah dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Minggu, mengaku bangga dan bersama jajarannya akan terus mendukung agar Geopark Nasional Tambor di Pulau Sumbawa dapat melalui setiap tahapan seleksi dan akhirnya memiliki kesempatan untuk benar-benar memenuhi syarat untuk UGGp.

“Ini salah satu hal penting yang sudah lama ditunggu-tunggu masyarakat NTB. Kami akan mendukungnya sepenuhnya. Kami akan melakukan yang terbaik bersama dengan pihak terkait. Dengan demikian, Geopark Tambor dapat melalui berbagai proses seleksi. dan akhirnya bisa ditingkatkan statusnya menjadi Global Geopark,” ujarnya.

Sementara itu, Hadi Santoso, CEO Badan Pelaksana Geopark Tambor, mengatakan pencalonan Geopark Tambor merupakan perjuangan panjang pengurus lama dan baru Badan Pelaksana Geopark Tambor.

Selain itu, dukungan Gubernur-Letnan Gubernur NTB dan OPD di bawah Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Provinsi/Kota di Pulau Sumbawa, Perguruan Tinggi di NTB, Media, Swasta, Balai Taman Nasional Tambor, KSDA NTB, Pemerintah Daerah IAGI, berkoordinasi Kementerian Kelautan dan Investasi, Kementerian ESDM, Kementerian BAPPENAS, Kementerian Pariwisata, KNGI dan lain-lain. Termasuk masyarakat dan masyarakat sekitar Tambora, serta seluruh pemangku kepentingan NTB.

“Tentu yang paling luar biasa adalah dukungan dari Gubernur NTB. Mereka yang secara formal puas dengan surat resmi dan secara informal terus menjalin komunikasi intensif dengan kementerian terkait. Sehingga Geopark Tambor semakin maju dalam daftar nominasi untuk diajukan ke UNESCO International Geosciences and Geoparks Program (IGGP) sebagai salah satu UNESCO Global Geoparks dari Indonesia yang menjanjikan untuk tahun 2021,” kata Hadi Santoso.

Sebenarnya ada 11 Geopark Nasional di Indonesia, kata Hadi. Namun, berdasarkan dokumen penilaian 2021 dan rapat Komite Geopark Nasional Indonesia (KNGI), hanya sembilan yang dianggap memenuhi syarat untuk proposal awal UGGp oleh KNGI.

Sembilan Geopark Nasional: Geopark Nasional Tambor, Geopark Nasional Bojonegoro, Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong, Geopark Nasional Merangin, Geopark Nasional Natuna, Geopark Nasional Ngaraisyanok-Maninjau, Geopark Nasional Pegunungan Meratus, Geopark Nasional Silokek, Geopark Nasional Savahlto.

Selain itu, dari sembilan Geopark Nasional, dipilih dua Geopark Nasional yang paling memenuhi syarat berdasarkan self-assessment 101 poin. Serta penilaian aktual KNGI, yang akan diusulkan sebagai delegasi dari Indonesia sebagai calon UGGp.

“Akhirnya akan ada rombongan dari IGGP UNESCO untuk melakukan penilaian langsung. Pada pertemuan berikutnya akan ditentukan bahwa ini adalah UGGp. Mari kita terus berjuang dan berdoa bersama agar cita-cita Tambor Geopark menjadi UGGp benar-benar dapat terwujud. mengerti,” katanya.

Artikel sebelumya10 Warga Depok Terinfeksi Covid-19 Varian Delta
Artikel berikutnyaBatam berencana menyelesaikan vaksinasi remaja dalam 10 hari