Beranda Nusantara Tim gabungan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di hutan lindung Giam Siak...

Tim gabungan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di hutan lindung Giam Siak Kesil

Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di masyarakat harus terus dilakukan

Pekanbaru (ANTARA) – Tim gabungan berhasil memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan hutan lindung Giam Siak Kecil di Desa Tebing Serai, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, yang terbakar sejak Rabu (21/ 07)

“Kelompok gabungan tersebut antara lain Tim Pemadam Kebakaran (RPK) PT Arara Abadi-APP Sinar Mas, Manggala Agni Daops, TNI/POLRI dan Masyarakat Pemadam Kebakaran (MPA), dibantu oleh PT Arara Abadi,” ujar FM (Chief of Fire) PT Arara Abadi, Kecamatan Duri.1 Sidiq Effendi sedang berlibur diberitakan kepada media di Pekanbaru, Kamis.

Dikatakannya, api ditemukan di luar areal konsesi perusahaan yang berjarak sekitar 1,6 km dari patroli perusahaan melalui Fire Tower, sekitar pukul 15.00 WIB Rabu (21.07), diduga vegetasi berupa semak belukar.

Menurut dia, PKK dengan cepat dilancarkan oleh 1 brigade dan 1 brigade MOR, serta dua warga setempat membantu ke lokasi kebakaran. Tim patroli juga melaporkan kebakaran hutan dan lahan tersebut kepada pihak terkait, yakni pejabat pemerintah daerah dan teman-teman dari Manggal Agni dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau yang membidangi kawasan tersebut.

“Hingga tengah malam, tim RPK kami bekerja untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Suaka Margasatwa GSK hingga bantuan dari tim lain datang. Dan pada Kamis (22/7) tim RPK kami bersama teman-teman Manggala Agni, tim BBKSDA, TNI/POLRI, Bapak-bapak BPBD dan MPA, serta masyarakat bahu-membahu terus memadamkan api,” ujarnya.

Dia menjelaskan, api sudah bisa dikendalikan dan saat ini sedang menunggu masa pendinginan agar bagian bawah tidak terbakar lagi. “Saya berharap sampai malam ini PKK PT Arara Abadi dan tim tetap bekerja dan bisa meninggalkan tempat ini,” ujarnya.

Tim BBKSDA Riau mengucapkan terima kasih kepada PKK dan tim lainnya yang mampu bahu-membahu mengatasi kebakaran hutan dan lahan.

“Terima kasih kami ucapkan kepada Tim Rekreasi RPK Kabupaten I, TNI/POLRI, Manggala Agni, KKL Tasik Tebing Serai dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Suaka Margasatwa Jam Siak Kecil,” ujar Herman Arvan, Ketua Tim untuk BBKSDA Riau.

Sementara Kalaxa (Kepala Pelaksana) BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Riau, M. Edi Afrizal memuji langkah langsung pemadaman kebakaran yang dilakukan tim gabungan tersebut.

“Kami mendesak kami untuk memperkuat patroli rutin kami untuk mendeteksi kebakaran hutan dan lahan sejak dini, dengan tetap memperhatikan populasi,” katanya.

Ia meminta sinergi antar pihak terkait tetap dipertahankan mengingat musim panas saat ini sedang berada di puncaknya di Provinsi Riau.

“Yang terpenting, sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di masyarakat harus terus dilakukan. Kami menghimbau untuk menjaga kesehatan dan keselamatan selama bertugas, padamkan api selagi masih kecil, jangan menunggu api membesar,” ujar Edi Afrizal.

Artikel sebelumyaKLHK meminta bisnis untuk mengatasi masalah perubahan iklim di AMDAL
Artikel berikutnyaKonser Hologram Whitney Houston Tiba di Las Vegas