Beranda Warganet Unud: Banyak mahasiswa internasional yang tidak dapat melakukan perjalanan ke Bali karena...

Unud: Banyak mahasiswa internasional yang tidak dapat melakukan perjalanan ke Bali karena pembatasan visa

Unud merencanakan program internasional berbasis kurikulum mulai tahun 2020.

Denpasar (ANTARA) – Universitas Udayana, Bali menyikapi permasalahan banyaknya mahasiswa internasional yang belajar di program internasional tidak dapat datang ke Bali karena berbagai kendala dalam memperoleh visa.

“Sejumlah program internasional belum dilaksanakan karena mengharuskan kehadiran mahasiswa di Bali, dan mahasiswa internasional tidak dapat masuk ke Bali karena berbagai kendala visa,” kata koordinator KUI Unud Dr. Unud. Ni Nyoman Pujianiki, dalam siaran persnya di Denpasar, Bali, Kamis (24/2).
Menurutnya, selama pandemi, hanya tiga program internasional yang bisa digelar secara terpisah. on line yaitu IBSM, Go Bali dan BIFAS. Menurutnya, Unud masih menjadi tempat studi favorit bagi mahasiswa asing.
“Kantor Urusan Internasional (KUI) Unuda telah merencanakan program berbasis riset internasional mulai tahun 2020, namun wabah COVID-19 menunda pelaksanaan program kerja tersebut,” ujarnya.

Proses pengajuan visa di masa pandemi penuh ketidakpastian, kata dia, sehingga agen harus tetap memperhatikan perubahan aturan keimigrasian terbaru.
Adapun hambatan untuk memperoleh visa dari negara selain negara asal pelajar yang masuk dalam daftar larangan tersebut, seperti Denmark, Prancis dan Iran, terlihat bahwa pengajuan visa untuk studi dan pariwisata tidak diperbolehkan.
“Asal negara bisa diatasi dengan mahasiswa yang bepergian ke negara lain yang diperbolehkan dan dikarantina selama 14 hari sebelum masuk ke Indonesia. Sedangkan tujuan pengajuan visa sangat sulit dan juga riskan untuk dielakkan karena jika ketahuan, mahasiswa bisa dirugikan yaitu satgas imigrasi dan COVID, bisa dipulangkan,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator UISP Prof. Made Suastra menambahkan rekan-rekannya di luar negeri sering dihubungi untuk mengklarifikasi kapan Unud akan membuka kelas internasional, seperti sebelum pandemi COVID-19.

“Beberapa mahasiswa dari Norwegia menanyakan kapan Unud bisa menerima mereka untuk kuliah tatap muka. Sementara agen penempatan mahasiswa asing bisa memahami kondisi Bali saat ini, sehingga Unud tidak bisa menerima mahasiswa asing,” ujarnya.

Artikel sebelumyaBMKG memperingatkan hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.
Artikel berikutnyaBMKG: Waspadai Potensi Hujan di NTB Akhir Pekan