Beranda Warganet Vocations CEO: Jangan takut gagal jika ingin sukses dalam bisnis.

Vocations CEO: Jangan takut gagal jika ingin sukses dalam bisnis.

Jakarta (ANTARA) – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Teknologi Vikan Sakarinto mengatakan: keterampilan lunak dan karakter seseorang dalam berwirausaha semakin terbentuk jika ia tidak takut gagal dan tidak takut untuk memulai.

“Ini benar-benar pelajaran hidup. Ini hanya bisa dilakukan jika kita berusaha. Kita bisa berhasil jika kita gagal beberapa kali. Belajar dari kegagalan,” ujar Vican Sacarinto di Webinar Kewirausahaan: Peran Wanita sebagai Ibu Rumah Tangga. Buruh dan Pengusaha” hadir di Jakarta, Senin.

Menurut dia, keterampilan lunak dan sifat kewirausahaan adalah belajar sepanjang hayat.

“Kemampuan komunikasi, kemampuan berpikir kritis, kreativitas, sifat pantang menyerah, karakter yang berani mencoba walaupun gagal. Lebih baik berani daripada tidak berani mencoba sesuatu dan kita tidak tahu (akan) gagal atau berhasil. belajar mandiri seumur hidup keterampilan lunak dan karakter yang membedakan pengusaha sukses dengan pengusaha gagal,” ujarnya.

Dan keterampilan teknis dalam membangun bisnis dapat dipelajari dengan cepat. Selain itu, pengusaha kini mendapat manfaat dari pesatnya perkembangan teknologi digital.

Perkembangan platform belanja dan media sosial membuat pemasaran produk lebih mudah, katanya.

“Sekarang sudah menjadi lebih mudah bagi kita, tidak perlu lagi membusuk brosur di pinggir jalan karena kita sudah bisa menggunakan Tik Tok, Instagram atau akun media sosial lainnya,” jelasnya.

Namun, kenyamanan harus menghadapi tantangan seperti persaingan yang ketat dan ekonomi yang melemah akibat pandemi COVID-19.

“Hari-hari ini banyak masalah, ada pandemi, ada pesaing yang berbeda,” tambahnya.

Artikel sebelumyaWarga Lembata dihimbau untuk tidak percaya dengan informasi hoaks tentang letusan gunung berapi masif.
Artikel berikutnyaRiset Profesional CEO: Keterampilan Interpersonal dan Faktor Kunci Kesuksesan Wirausaha