Beranda News Wagub Kaltim berharap pertarungan DBH disetujui oleh Pusat

Wagub Kaltim berharap pertarungan DBH disetujui oleh Pusat

Perjuangan Kaltim untuk devisa sangat besar. Tapi mengapa kembali ke daerah sangat kurang.

Samarinda (ANTARA) – Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Hadi Mulyadi berharap perjuangan yang dilancarkan Gubernur Kaltim Isran Nur dan seluruh anggota Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) terkait permintaan peningkatan penerimaan migas. Dana Bagi Hasil ( DBH) ke pemerintah pusat dapat disetujui.

Wakil Gubernur Hadi di Samarinda, Jumat, mengatakan perjuangan itu harus didukung oleh seluruh kepala daerah Kaltim, yakni bupati dan walikota, bahkan di seluruh Kaltim.

Ia memperkirakan melalui perjuangan dan persatuan, pemerintah pusat akan lebih bijak memutuskan pengembalian DBH bisa 50:50 antara pusat dan daerah.

“Perjuangan Kaltim untuk mata uang asing negara sangat besar. Tapi mengapa kembali ke daerah sangat kurang. Setidaknya 50 persen dari area untuk hasil. Oleh karena itu, wajar jika Gubernur Isran Nur dan para gubernur seluruh Indonesia menuntut hal itu,” kata Hadi Mulyadi.

Diakuinya, tidak mudah memperjuangkan hak di kawasan ini, sehingga Pemprov Kaltim tidak bisa sendirian, tapi butuh dukungan semua pihak.

Artinya bukan hanya Gubernur Isran Nur dan Wakil Gubernur Hadi yang berjuang, tapi seluruh masyarakat Kaltim berjuang bersama.

Apalagi, kata Hadi, dukungan dari perwakilan masyarakat Kaltim, baik di tingkat provinsi, DPRD kabupaten/kota, pemerintah kabupaten/kota, DPD RI dan DNR RI dari Kaltim. Jadi perjuangan ini benar-benar terdengar di tengah.

“Saya berharap perjuangan kita akan dimahkotai dengan kesuksesan. Karena semua kepala daerah di Kaltim dan Kaltim, serta semua provinsi mendukung hal ini, kita berharap hal ini bisa terwujud,” ujarnya.

Artikel sebelumyaDrama "Ciuman Indera Keenam" mengudara di Disney+ Hotstar mulai 25 Mei.
Artikel berikutnyaYonghwa CNBLUE dan Cha Tae Hyun mungkin membintangi drama polisi baru