Beranda Nusantara Warga Minahasa menyelamatkan penyu belimbing raksasa

Warga Minahasa menyelamatkan penyu belimbing raksasa

Minahasa (ANTARA) – Penyu belimbing raksasa berhasil diselamatkan oleh pemerhati lingkungan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, setelah ditemukan terperangkap di rawa air tawar di Pantai Oping, Kecamatan Kakas, pada Sabtu.

“Kami menemukan penyu yang terperangkap di rawa-rawa air tawar di sekitar pantai. Jadi kami segera menghapusnya,” kata Ronald Kumendong, seorang pemerhati lingkungan di Minahasa.

Dikatakannya, penyelamatan penyu yang terdaftar sebagai satwa laut yang dilindungi itu dilakukan oleh anak-anak muda dari Desa Paslaten, Kecamatan Kakas, yang sekaligus berada di Pantai Oping.

“Memang baru sekarang di kawasan pesisir ini terdapat penyu yang kemungkinan besar akan bertelur. Karena penyu belum pernah ditemukan di kawasan ini sebelumnya,” jelasnya.

Selain itu, menurut Ronald, butuh belasan orang untuk melepaskan kembali penyu kulit ke laut karena ukurannya yang besar.

“Bersama anak-anak muda yang peduli lingkungan, kami segera melepas penyu ke laut,” ujarnya.

Ia juga berharap agar semua pihak memperhatikan perlindungan lingkungan, khususnya perlindungan biota laut seperti penyu belimbing.

“Ini juga merupakan kesempatan untuk merayakan Hari Lingkungan Hidup dan Hari Laut Sedunia. Selain itu juga tersebar luas bagi kami bahwa kami tidak lagi berburu penyu atau mengambil cangkangnya,” ujarnya.

Artikel sebelumyaEmpat Guru Besar IPB Sampaikan Pandangannya Tentang Keanekaragaman Hayati
Artikel berikutnyaKLHK melacak penebang di Bukit Rimbang-Bukit Baling