Beranda Nusantara Yayasan dan masyarakat bahu membahu menghijaukan Pegunungan Meratus.

Yayasan dan masyarakat bahu membahu menghijaukan Pegunungan Meratus.

Hulu Sungai Tengah (ANTARA) – The Edit Malayang Rescue Foundation (SMR) bekerja sama dengan masyarakat dan organisasi masyarakat sipil untuk menghijaukan kembali Pegunungan Meratus yang membelah wilayah Kalimantan Selatan.

Ketua Yayasan SMR Sharif mengatakan, pihaknya telah mengundang taruna, pramuka, himpunan mahasiswa dan organisasi kesiapsiagaan bencana (Tagana) lainnya untuk memimpin Gerakan Reboisasi Meratus.

“Kali ini penghijauan dilakukan di Desa Alat dan Desa Arangani di wilayah Khantakan dengan menanam sedikitnya 650 pohon,” katanya, Senin di Hulu Sungai Tengah.

Ia mengatakan, sekitar 100 orang berpartisipasi dalam penanaman bibit pohon, termasuk bibit Jengkol dan Petai, di kawasan Pegunungan Meratus.

“Mudah-mudahan nanti menjadi lebih besar, sehingga hasilnya bisa dikumpulkan dan digunakan,” kata Syarif.

Dikatakannya, kegiatan penanaman bibit pohon untuk penghijauan di kawasan Pegunungan Meratus akan dilakukan secara rutin.

“Kami mengajak organisasi akar rumput, komunitas, pramuka, perkumpulan mahasiswa dan semua lapisan masyarakat untuk bergabung dengan SMR dalam Gerakan Penghijauan Meratus, yang insya Allah biasa kami lakukan di beberapa lokasi penghijauan,” ujarnya.

Zainal Aripin, Koordinator Lapangan Tagana Hulu Sungai Tengah, berharap penanaman bibit pohon secara rutin dapat membantu memperbaiki kerusakan lahan di Pegunungan Meratus dan meminimalisir kemungkinan banjir dan longsor.

Artikel sebelumyaMahasiswa IAIN Tutup Pintu Administrasi Pada Persyaratan Pemotongan UKT
Artikel berikutnyaPansus dan Pemerintah Sepakat Kaji Ulang UU Otsus Papua